Senangnya Timor Leste Ikut KTT ASEAN untuk Pertama Kali

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak hadir dalam KTT ke-42 ASEAN yang digelar di Labuan Bajo. Ini menjadi pengalaman pertama Timor Leste hadir di KTT ASEAN sebagai pengamat.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo, Presiden Indonesia, ketua ASEAN 2023, yang telah memberikan undangan kepada saya dalam KTT yang bersejarah ini,” katanya saat diberikan kesempatan berbicara di pembukaan KTT ASEAN, Rabu, 10 Mei 2023.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemimpin ASEAN lainnya atas dukungan dan komitmennya agar Timor Leste bergabung sebagai anggota tetap organisasi kawasan tersebut.

“Komitmen ASEAN juga menunjukkan pengakuan yang sama untuk kebersamaan dan pembangunan masyarakat ASEAN,” sambungnya.

Ia mengatakan, kehadirannya di KTT ASEAN kali ini merupakan bab baru bagi sejarah Timor Leste. Ia mengatakan, Timor Leste berkomitmen untuk memenuhi kewajiban sebagai anggota ASEAN.

“Kita telah mengambil berbagai langkah dari sisi kami untuk memfokuskan diri pada melakukan hal esensial dan menciptakan kondisi sesuai dengan roadmap yang disepakati,” imbuhnya.

Timor Leste kata PM Taur, berkomitmen mendukung tujuan ASEAN yang terbuka, transparan dan inklusif.

“Hari ini, Timles dan ASEAN mempertegas kemitraannya, mari kita bangun visi ke depan untuk meningkatkan kesejahteraan, menciptakan perdamaian di kawasan dan internasional,” tegas Taur.

“Bersama dengan ASEAN, kita akan menjadi sejahtera, dan keberhasilan ASEAN akan berarti bagi suatu negara muda seperti Timor Leste,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *