Ed Sheeran Divonis Tak Bersalah Kasus Penjiplakan Lagu Marvin Gaye

Ed Sheeran diputuskan tidak bersalah atas kasus pelanggaran hak cipta yang menuduh solois tersebut menjiplak lagu Marvin Gaye yang berjudul Let’s Get It On untuk lagu hit Thinking Out Loud.

“Saya jelas sangat senang dengan hasil kasusnya, dan sepertinya saya tidak harus pensiun dari pekerjaan harian saya,” kata Ed Sheeran ketika memberikan pernyataan usai persidangan, seperti dikutip dari Variety, Kamis (4/5).

“Tapi di saat yang bersamaan, saya benar-benar frustrasi bahwa kalaim tidak berdasar seperti ini diizinkan untuk dibawa ke persidangan,” lanjutnya.

Dengan demikian, Sheeran terbebas dari pelanggaran hak cipta setelah menjalani persidangan yang berlangsung selama kurang dari dua minggu di Pengadilan Federal Manhattan, Amerika Serikat.

Adapun para juri menghabiskan waktu beberapa jam untuk memutuskan apakah solois tersebut bersalah atau tidak atas pelanggaran hak cipta.

“Jika juri memberi putusan yang lain, sebaiknya kita ucapkan selamat tinggal pada kebebasan kreatif penulis lagu,” tuturnya.

“Saya hanyalah seorang pria dengan gitar yang suka menulis musik untuk dinikmati orang. Saya bukan dan tidak akan pernah membiarkan diri saya menjadi celengan bagi siapa pun untuk diguncang,” tegas Sheeran.

Berdasarkan laporan AP, Ed Sheeran mengucapkan kata terima kasih kepada para juri setelah putusan dibacakan. Selain itu, ia juga berbicara kepada pihak penggugat sekitar 10 menit.

Sheeran bahkan memeluk dan memberikan senyuman kepada Kathryn Townsend, putri dari Ed Townsend yang merupakan salah satu penulis Let’s Get It On.

Selain itu, CNN juga melaporkan bahwa Ed Sheeran juga mengundang Kathryn Townsend ke konsernya yang akan datang.
“Persidangan ini merugikan semua orang yang terlibat, termasuk Kahtryn Townsend Griffin,” ujar Sheeran dalam pernyataannya usai sidang.

Ed Sheeran digugat oleh Kathryn Townsend Griffin selaku putri Ed Townsend, yang menulis lagu Let’s Get It On bersama Marvin Gaye. Mereka menuduh lagu hit Thinking Out Loud itu menjiplak lagu Marvin Gaye.

Selain Kathryn, saudara perempuan Helen McDonald, dan estate dari mantan istri Townsend, Cherrigale Townsend, juga tercantum sebagai penggugat dalam kasus “Thinking Out Loud”.

Sejak masuknya gugatan tersebut, Ed Sheeran terus hadir dalam persidangan untuk memberikan kesaksiannya.

Mereka menuding Ed Sheeran bersama Warner Music Group dan Sony Music Publishing berutang karena diduga menjiplak lagu Let’s Get it On.

Namun, tudingan itu dibantah oleh Ed Sheeran dalam kesaksian perdananya. Ia mengaku sudah melakukan mash up sejumlah lagu dalam berbagai konser sebelumnya.

Solois berusia 32 tahun itu juga menjelaskan bahwa kasus tersebut bukan pelanggaran hak cipta. Pasalnya, ada banyak lagu yang memiliki kesamaan chord tanpa berniat melakukan penjiplakan.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *