Panglima TNI Tegaskan Status Siaga Tempur di Papua Bukan Operasi Militer

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan bahwa peningkatan status siaga tempur di Papua bukanlah operasi militer. Menurutnya, status siaga tempur merupakan bentuk kesiagaan pasukan TNI guna menghadapi Kelompok Separatis Teroris (KST) di daerah rawan Papua.

Sebelumnya, Yudo menaikkan status operasi penyelamatan Pilot Susi Air Captain Philips M menjadi siaga tempur. Peningkatan status operasi itu dilakukan setelah KST Papua menyerang sejumlah prajurit TNI hingga gugur.

“Itu kan bukan operasi militer, siaga tempur itu kan supaya pasukan kita sendiri siaga kalau suatu waktu-waktu diserang TNI kan harus selalu siaga pasukan waktu-waktu walaupun melaksanakan operasi,” ujar Yudo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Yudo mengatakan, status operasi siaga tempur bukan berarti prajurit TNI yang ada di Papua akan melakukan serangan atau pendekatan ofensif terhadap KST.

“Bukan, bukan ofensif, kita tetap defensif, tapi mereka harus siap karena memang di daerah yang kerawanannya tinggi, sehingga harus siaga tempur tadi,” terangnya.

Panglima TNI melanjutkan, siaga tempur dilakukan untuk menumbuhkan naluri militer pada para prajurit. Status siaga tempur itu ditetapkan di daerah-daerah tertentu yang kerawanannya tinggi.

“Ya kita tekankan lagi kepada mereka untuk siaga tempur. Itu kan penekanan, bukan operasi militer, jadi jangan diplesetkan itu operasi militer, bukan belum operasi militer. Siaga tempur itu untuk menumbuhkan naluri militer pada para prajurit,” tuturnya.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : VOI

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *