Kemenlu: Evakuasi Tahap Kedua WNI dari Sudan Sedang Berlangsung

Evakuasi tahap kedua warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan sedang berlangsung. Sementara itu, 542 WNI yang dievakuasi pada tahap pertama, sedang dalam perjalanan dari Port Sudan ke Jeddah, Arab Saudi, dengan menggunakan jalur laut.

“Sebanyak 542 WNI sedang dalam perjalanan laut dari Port Sudan menuju Jeddah,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, Selasa, 25 April 2023.

“Evakuasi tahap kedua sedang dilaksanakan dari Khartoum ke Port Sudan. Mohon doanya,” sambung dia.

Jumlah WNI yang dievakuasi tahap pertama bertambah. Saat ditanya mengenai hal tersebut, juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah mengatakan, angka tersebut bertambah karena ada WNI yang bergabung dari Port Sudan.

“Tambahan angka adalah mahasiswa WNI yang bergabung dengan KBRI di Port Sudan melalui jalur lain,” katanya kepada Medcom.id.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan pers virtual menuturkan, Indonesia berencana mengevakuasi seluruh WNI yang ada di Sudan dengan memanfaatkan gencatan senjata. Namun, proses evakuasi akan dilakukan dalam beberapa tahap, karena persediaan bahan bakar mobil (BBM) yang terbatas.

“Terdapat 289 WNI lainnya, yang sebagian besar adalah mahasiswa dan lima pekerja perusahaan akan dievakuasi pada tahap kedua, pada kesempatan pertama,” kata Menlu Retno, Senin kemarin.

Ia mengimbau agar para WNI yang masih berada di Sudan dan belum melapor diri, untuk segera melaporkan keberadaannya ke KBRI Khartoum.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *