Batavia Madrigal Singers Akan Tampil di Turki 26-7 April 2023

Grup paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS) akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional World Symposium on Choral Music (WSCM) 2023 di Istanbul, Turki, pada 26-27 April.

BMS menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam ajang pertemuan paduan suara tingkat internasional tersebut. Simposium itu ajang tiga tahunan yang digelar International Federation for Choral Music (IFCM).

“Kami sangat bangga diundang untuk mewakili Indonesia dalam acara WSCM 2023 di Turki,” tutur pendiri dan direktur musik Batavia Madrigal Singers Avip Priatna di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

“Simposium ini merupakan suatu kegiatan yang secara rutin diselenggarakan IFCM. Ini adalah salah satu event terbesar di dunia paduan suara,” lanjutnya.

Avip yang juga menjadi konduktor grup paduan suara tersebut menjelaskan BMS merupakan satu dari 11 grup paduan suara dari berbagai negara yang terpilih untuk tampil pada ajang tahun ini.

Supaya terpilih, kata Avip, setiap grup paduan suara harus mengajukan proposal untuk diseleksi terlebih dahulu. Proposal itu berisi konsep yang ditawarkan calon peserta.

Proposal yang diajukan BMS kemudian dinyatakan lolos sehingga mereka berkesempatan tampil pada akhir April mendatang. Avip juga mengatakan World Symposium Choir tahun ini mengusung tema utama Changing Horizon.

“Mereka sangat teliti dan yakin untuk menentukan siapa saja yang bisa tampil di acara itu. Kami dikasih kesempatan untuk mendaftar dan harus menyertakan sebuah proposal,” tutur Avip.

“Mereka punya tema Changing Horizon, bahwa dunia paduan suara ini mengalami dinamika yang sangat pesan selama mungkin 20 tahun terakhir,” lanjutnya.

Avip menjelaskan tim yang akan berangkat ke Turki adalah 44 orang penyanyi serta satu orang pianis. Mereka bakal membawakan karya-karya terobosan baru, seperti Di Ambang Batas yang akan ditampilkan pertama kali di atas panggung.

Lagu-lagu BMS pada penampilan mendatang sesuai dengan tema utama simposium yang berbicara tentang lahirnya berbagai terobosan baru.

“Di event ini, karya-karya yang mungkin dianggap sebagai sebuah terobosan akan ditampilkan,” kata Avip. “Seperti Di Ambang Batas yang nanti akan jadi pertunjukan pertama yang kami tampilkan.”

Direktur musik Batavia Madrigal Singers Avip Priatna bersama tim di Jakarta Selatan, Selasa (11/4). (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi)Direktur musik Batavia Madrigal Singers Avip Priatna mengungkapkan persiapan tim sebelum tampil dalam ajang internasional di Turki. (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi)
Selain WSCM, Batavia Madrigal Singers juga diundang untuk tampil dalam International Ankara Music Festival pada 28 April. Mereka akan membawakan puluhan lagu dengan berbagai aransemen dalam format paduan suara.

International Ankara Music Festival dikenal sebagai salah satu ajang paduan suara yang sudah diadakan selama 36 tahun. Kali ini, festival tersebut mengundang 355 artis dan ensambel dari 13 negara.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *