Data Lowongan Kerja AS Tekan Harga Minyak

Harga minyak melemah di awal perdagangan Kamis (6/4) pagi WIB.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun 14 sen menjadi US$80,47 per barel . Sementara minyak mentah Brent berjangka naik 5 sen, atau 0,1 persen menjadi US$84,99 per barel.

Pergerakan harga minyak terjadi setelah data lowongan pekerjaan AS menunjukkan pelemahan ke level terendah dalam dua tahun. Data itu mengisyaratkan kondisi ekonomi AS melemah dan dianggap pasar berpotensi menekan permintaan dan harga minyak.

Pelemahan juga dipicu pembalikan arah yang terjadi akibat lonjakan harga lebih dari 6 persen yang terjadi setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+, menjanjikan pengurangan produksi sukarela pada Senin lalu.

“Reli minyak mentah berhenti karena melawan hambatan yang diciptakan oleh data ekonomi yang lemah. Ini mengimbangi fundamental yang lebih positif”, ANZ Research mengatakan dalam sebuah catatan.

Meski demikian, pelemahan kemungkinan tak berlangsung lama imbas didukung Arab Saudi, pengekspor minyak utama dunia, menaikkan harga minyak mentah andalannya untuk pembeli Asia selama tiga bulan berturut-turut.

“Ini menunjukkan penguatan lebih lanjut dalam permintaan di kawasan ini,” tambah ANZ Research.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *