Menlu Arab Saudi dan Iran Sepakat Bertemu di Bulan Ramadan

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dan rekannya dari Iran, Hossein Amir-Abdollahian, akan bertemu selama Ramadan, lapor kantor berita Saudi Press Agency (SPA) pada Senin pagi, 27 Maret 2023.

Kedua menlu juga membahas beberapa masalah kepentingan bersama dalam panggilan telepon, termasuk kesepakatan trilateral yang dimediasi Tiongkok.

Awal bulan ini pada 10 Maret lalu, Arab Saudi dan Iran sepakat untuk menjalin kembali hubungan diplomatik, membuka kembali kedutaan dan bertukar duta besar dalam waktu dua bulan. Kedua negara telah memutus hubungan diplomatik pada 2016.

Keputusan untuk menjalin kembali hubungan datang setelah pembicaraan di Beijing pada 6-10 Maret, yang menghasilkan penandatanganan perjanjian trilateral antara Tiongkok, Arab Saudi dan Iran.

“Arab Saudi dan Iran setuju untuk menghormati kedaulatan negara dan tidak ikut campur dalam masalah internal,” lapor SPA saat itu, seraya menambahkan bahwa menlu kedua negara akan segera bertemu untuk mengatur pertukaran utusan dan membahas cara meningkatkan hubungan.

Riyadh dan Teheran juga sepakat mengaktifkan perjanjian kerja sama keamanan yang ditandatangani pada 2001 serta kesepakatan perdagangan, ekonomi dan investasi yang ditandatangani di tahun 1998.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *