Jokowi Sudah Terima Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali Secara Informal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

“Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah,” kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali sudah melapor kepada Presiden Jokowi terkait dirinya yang ingin fokus terhadap sepak bola, usai menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Dia menyebut Presiden Jokowi mengizinkannya konsentrasi dan fokus ke sepak bola di PSSI.

“Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada Bapak Presiden dan tentu juga beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya,” kata Amali usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

“Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI dan itu dipahami oleh beliau. Dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepakbola,” sambung dia.

Dapat Izin

Amali menuturkan Presiden Jokowi mempersilahkan dirinya mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha, untuk mengurus sepak bola di Indonesia. Jokowi tak mempermasalahkan keinginan Amali.

“Pokoknya saya sudah dapat izin dari bapak presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola,” tutur dia.

Soal Pergantian Menpora, Istana: Tunggu Saja

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menilai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah berbicara langsung soal pengunduran diri sebagai menteri, usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Pramono pun meminta semua pihak menunggu keputusan Jokowi terkait pergantian Menpora.

“Itu (soal pengunduran diri) pasti pembicaraan secara langsung antara Pak Zainudin Amali dengan Bapak Presiden,” kata Pramono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/2/2023).

“Tunggu saja,” sambungnya.

Dia mengatakan para menteri yang mencalonkan diri sebagai pemimpin di dalam organisasi luar pemerintahan, pasti sudah mengantongi izin dari Presiden Jokowi. Termasuk, Menteri BUMN Erick Thohir serta Menpora Zainudin Amali yang menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI.

Pramono enggan berkomentar banyak soal kabar pengunduran diri Zainudin Amali dari jabatan Menpora. Dia mempersilahkan masyarakat menafsirkan sendiri pernyataan Amali yang ingin fokus mengurus sepak bola.

“Kalau pak Zainuddin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan pak Zainuddin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” jelas Pramono.

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *