The Fed Naikkan Suku Bunga 0,25 Persen

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps atau 0,25 persen pada Rabu (1/2) waktu setempat.

Mengutip CNBC, Komite Pasar Terbuka Federal menetapkan kenaikan suku bunga dana federal sebesar 0,25 persen. Saat ini suku bunga acuan The Fed ada di kisaran 4,5 persen hingga 4,75 persen, tertinggi sejak Oktober 2007.

Langkah tersebut menandai peningkatan yang sudah terjadi delapan kali berturut-turut dalam proses yang dimulai sejak Maret 2022. Banyak indikasi menyebutkan langkah bank sentral kali ini sudah mendekati akhir dari tren kenaikan suku bunga dalam beberapa waktu terakhir.

The Fed menargetkan kenaikan tersebut untuk menurunkan inflasi. Baru-baru ini mulai ada tanda-tanda perlambatan inflasi, meski begitu tingkat inflasi masih tetap tinggi mendekati level tertingginya sejak awal 1980-an.

“Data inflasi yang diterima selama tiga bulan terakhir menunjukkan penurunan yang disambut baik dalam laju kenaikan bulanan. Dan sementara perkembangan terakhir menggembirakan, kita akan membutuhkan lebih banyak bukti untuk yakin bahwa inflasi berada di jalur penurunan yang berkelanjutan,” ungkap Gubernur Bank Sentral The Fed Jerome Powell.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Bisnis.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *