Angga Sasongko Bakal Vakum Garap Film Drama Usai Saga NKCTHI Berakhir

Angga Dwimas Sasongko mengungkapkan keinginan untuk vakum menyutradarai film bergenre drama. Rencana itu muncul lantaran Angga telah banyak menyutradai film bergenre tersebut selama hampir dua dekade.

Hal tersebut disampaikan Angga saat konferensi pers Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (JJJLP), film terbaru dari semesta Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).

“Saya mulai bikin film panjang dari umur 19 tahun dan sekarang udah masuk tahun ke-19, tahun depan tahun ke-20 dari perjalanan karier,” tutur Angga di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

“Ada keinginan untuk mengeksplorasi hal yang lain, 20 tahun ini saya rasa kebanyakan film saya drama,” lanjutnya.

Angga mengaku saat ini ingin menyutradarai film baru dengan genre yang lebih bervariasi. Usai banyak menggarap film drama, dia ingin merasakan tantangan berbeda serta mempelajari hal-hal baru dengan menggarap film bergenre lain.

Meski demikian, ia tidak benar-benar menutup pintu untuk mengerjakan film drama di masa depan. Angga menegaskan dirinya masih membuka peluang untuk kembali mengarahkan film bertema drama walaupun tidak dalam waktu dekat.

“Mungkin ini jadi titik baru dari perjalanan karier saya sebagai sutradara,” ucap Angga. “Bukan berarti enggak akan bikin lagi, tapi mungkin untuk beberapa tahun ke depan saya enggak punya rencana itu.”

Angga juga membeberkan masih ada satu film drama yang akan dirilis sebelum dirinya vakum menyutradarai film drama.

Karya itu berasal dari semesta NKCTHI dan akan menjadi penutup kisah tiga kakak beradik, Angkasa, Aurora, dan Awan.

Sang sutradara sebelumnya telah merilis NKCTHI yang bercerita dari sisi Awan (Rachel Amanda), kemudian akan merilis JJJLP yang menyelami kehidupan Aurora (Sheila Dara). Dengan begitu, film ketiga akan berkisah dari sudut pandang Angkasa (Rio Dewanto) si anak sulung.

“Sebenarnya masih ada satu yang akan rilis, tapi sudah diselesaikan duluan. Itu adalah penutup dari rangkaian tiga kakak beradik ini,” ucap Angga.

“Tapi nanti tayangnya kita akan umumkan berikutnya, bahkan filmnya dibuat sebelum film ini [JJJLP],” lanjutnya.

Angga Sasongko sejauh ini telah mengarahkan sejumlah film yang mengusung genre drama. Beberapa di antaranya, Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014), Filosofi Kopi (2015), Surat dari Praha (2016), hingga Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017).

Ia juga menjadi sutradara NKCTHI (2020) yang diadaptasi dari novel karya Marchella FP. Film itu kemudian dikembangkan menjadi sekuel berjudul Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *