China New Normal, Harga Minyak Mentah Melesat 1%

Harga minyak mentah dunia melonjak karena permintaan dari China setelah pelonggaran kebijakan Zero Covid yang selama ini mengekang mobilitas masyarakat.

Pada perdagangan Kamis (19/1/2023) harga minyak mentah dunia tercatat US$86,16 per barel, melesat 1,4% dibandingkan posisi kemarin. Sedangkan jenis lightsweet atau West Texas Intermediate (WTI) naik 1,1% menjadi US$80,33 per barel.

Permintaan minyak China naik hampir 1 juta barel per hari (bph) pada November 2022 menjadi 15,41 juta bph. Ini merupakan level tertinggi sejak Februari.

Pasar energi pun diperkirakan akan ketat pada 2023 terutama jika China pulih saat pasokan minyak Rusia tersendat akibat sanksi, kata kepala Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol pada Kamis (19/1/2023).

Sementara itu, Administrasi Informasi Energi (EIA) Amerika Serikat menunjukkan stok minyak mentah AS pekan lalu naik 8,4 juta barel, kenaikan terbesar sejak Juni 2021.

Analis UBS Giovanni Staunovo menggambarkan data EIA sebagai “laporan bearish, dengan peningkatan persediaan minyak mentah dan bensin yang besar, tetapi peningkatan dari minggu lalu, dengan pemulihan permintaan minyak tersirat dan kilang berjalan dari dampak Storm Elliot.”

Margin penyulingan bensin AS diperdagangkan pada level tertinggi baru lima bulan untuk sesi keempat berturut-turut pada hari Kamis, di tengah optimisme tentang meningkatnya permintaan perjalanan dari pembukaan kembali China dan ancaman terhadap pasokan produk olahan dari pemogokan di Prancis.

“Semua jalan tampaknya mengarah kembali ke masukan yang sama – meningkatnya permintaan China,” kata John Kilduff, partner di Again Capital LLC di New York.

“Ada begitu banyak sentimen bullish di luar sana, begitu banyak ketakutan, yang terus menopang pasar ini.”

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *