Final Piala Dunia 2022, Presiden Macron Ingin Boyong Benzema ke Qatar

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, berniat mengajak Karim Benzema ke Qatar untuk menyaksikan laga final Piala Dunia 2022 akhir pekan ini, Minggu (18/12/2022). Macron tidak hanya ingin mengundang Karim Benzema melainkan juga beberapa pemain timnas Perancis lainnya yang terpaksa melewatkan Piala Dunia 2022 akibat cedera.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Menteri Olahraga Perancis, Amélie Oudéa-Castéra. Benzema terpaksa absen pada Piala Dunia 2022 karena mengalami cedera paha kiri saat berlatih bersama timnas Perancis.

Peraih Ballon d’Or 2022 itu jatuh cedera satu hari menjelang opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain lain yang sempat masuk skuad Piala Dunia 2022 timnas Perancis tetapi batal tampil akibat cedera adalah Christopher Nkunku dan Presnel Kimpembe.

Berbeda dari Nkunku dan Kimpembe, Didier Deschamps selaku pelatih timnas Perancis tidak memanggil pemain pengganti untuk Benzema. Fakta itu membuat Benzema akan mendapatkan medali juara Piala Dunia 2022 jika Perancis berhasil mengalahkan Argentina.

Peraih Ballon d’Or itu bahkan bisa saja tampil pada final Piala Dunia 2022 karena masih terdaftar sebagai pemain timnas Perancis.

Terkait Benzema, Amelie menyebut Presiden Macron memang berencana mengundang pemain Perancis yang terpaksa absen pada Piala Dunia 2022 untuk menyaksikan laga final kontra Argentina. Hal itu ditujukan agar Benzema dkk bisa terlibat dalam perjuangan timnas Perancis meski hanya dari bangku penonton.

“Saya tahu Presiden Macron menginginkan itu (mengundang Benzema dkk ke Qatar),” kata Amelie dikutip dari RMC Sports.

“Rencana itu sedang dipertimbangkan. Kita akan lihat apakah secara logistik dan material undangan itu bisa terwujud,” ucap Amelie.

“Bagaimanapun, itu adalah keinginan Presiden Macron untuk mengajak mereka bergabung. Presiden ingin mereka dapat sepenuhnya mengambil bagian dalam perjuangan timnas Perancis,” tutur Amelie menambahkan.

Terkini, Benzema sudah pulih dari cedera.

Hal itu dibuktikan dengan penampilan Benzema bersama Real Madrid pada laga uji coba melawan Leagnes, Kamis (15/12/2022) waktu setempat. Sebelumnya, Didier Deschamps sempat mendapat pertanyaan soal kemungkinan memanggil kembali Benzema untuk laga final Piala Dunia 2022.

Namun, Deschamps menolak menjawab pertanyaan tersebut. Peluang Benzema tampil atau masuk skuad Perancis untuk laga final Piala Dunia 2022 terbilang sangat kecil bahkan mustahil. Sebab, Benzema sudah hampir satu bulan tidak bermain kompetitif dan dikhawatirkan akan merusak ritme permainan maupun suasana ruang ganti timnas Les Bleus jika ia turun.

Dikutip dari RMC Sports, Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) juga berencana mengundang mantan pemain alumni juara Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1998.

Hal itu dikonfirmasi oleh legenda timnas Perancis, Emmanuel Petit.

Mantan pemain Arsenal itu merupakan salah satu pilar penting dari keberhasilan timnas Perancis meraih gelar juara Piala Dunia 1998.

Petit mengaku sudah menerima undangan langsung dari FFF untuk menyaksikan final Piala Dunia 2022 Qatar.

RMC Sports juga melaporkan bahwa undangan untuk para mantan pemain timnas Perancis alumni juara Euro 1984 dan Piala Dunia 1998 sudah terkirim.

Dengan demikian, timnas Perancis nantinya akan mendapat dukungan langsung dari banyak legenda mulai dari Marc Desailly, Lilian Thuram, Zinedine Zidane, hingga Thierry Henry.

Adapun laga final Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina vs Perancis akan dihelat di Lusail Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *