Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina Hari Ini: Siraman hingga Midodareni

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berlanjut pada hari ini, Jumat (9/12). Kemarin, pasangan calon mempelai dan keluarganya telah menjalani semaan Al-Qur’an dan pengajian, baik di rumah Erina di Sleman dan rumah Kaesang di Solo.

Agenda yang dijadwalkan hari ini adalah upacara majangtarup berupa pemasangan bleketepe, upacara cethik geni adhang sepisanan, hingga prosesi siraman di kediaman keluarga Gudono. Sementara itu, Kaesang juga akan melakukan prosesi siraman di kediaman keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pertama-tama, keluarga Gudono akan menggelar upacara majang tarup atau menghias tarup yang diikuti oleh saudara kandung Erina. Saudara kandungnya akan memasang bleketepe beserta padi dan sajen bucalan di tempat yang telah disediakan.

Pemasangan bleketepe di kediaman keluarga Erina Gudono menjadi simbol dari penyucian lokasi. Selain itu, bleketepe ini juga memiliki makna untuk tolak bala.

Dengan adanya bleketepe itu, diharapkan sepanjang upacara pernikahan itu berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar.

Upacara selanjutnya adalah cethik geni adhang sepisanan. Prosesi ini sebagai makna simbolis sebagai penanda hajatan pernikahan anak perempuan yang pertama kali.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi siraman yang bakal dilakukan oleh kedua mempelai di rumah masing-masing.

Prosesi siraman Erina akan diikuti oleh Permaisuri Sri Sultan Hamengkubu Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, bersama istri Wakil Gubernur DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X

Malam harinya, prosesi berlanjut pada midodareni. Menurut adat Jawa, calon mempelai pria, dalam hal ini Kaesang, mesti menyambangi rumah calon mempelai perempuan, alias Erina, sambil membawa seserahan.

Kedatangan calon mempelai pria ini pun tidak akan bertemu dengan calon mempelai perempuan secara langsung. Biasanya, calon mempelai pria akan menemui perwakilan dari keluarga calon mempelai perempuan.

Sementara itu, Erina tetap ‘disembunyikan’ saat malam midodareni dan baru bisa bertemu Kaesang di keesokan harinya saat akad.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berlangsung di dua kota, Yogyakarta sebagai rumah dari calon mempelai perempuan, dan Solo sebagai rumah dari calon mempelai pria.

Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono, akan menjadi wali nikah. Sementara itu, saksi pernikahan mereka adalah Mensesneg Pratikno untuk pihak Erina dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pihak Kaesang.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin akan berlaku sebagai khatib nikah Kaesang dan Erina. KUA Kecamatan Depok, Sleman juga dilibatkan dalam pernikahan tersebut.

Kaesang sebelumnya juga telah mengungkapkan bahwa ia menyiapkan mahar berupa seperangkat alat salat serta uang tunai Rp300 ribu.

Kemudian prosesi puncak berupa ngunduh mantu, kirab dan pesta rakyat, serta tasyakuran akan dilangsungkan di Solo pada Minggu (11/12). Prosesi ini akan ditayangkan di sejumlah televisi nasional, termasuk CNN Indonesia TV.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indon

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *