Kekhawatiran Suku Bunga Tekan Dolar AS

Dolar AS sedikit melemah terhadap sebagian besar mata uang utama dunia pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga dapat mendorong ekonomi AS ke dalam resesi. Sementara pelonggaran pembatasan covid di Tiongkok menopang yuan.

Beberapa eksekutif bank AS bersiap untuk ekonomi yang memburuk tahun depan. Di antara mereka, CEO Bank of America Brian Moynihan mengatakan kepada investor di konferensi keuangan Goldman Sachs, penelitian bank menunjukkan pertumbuhan negatif pada paruh pertama 2023.

Beberapa investor telah mengantisipasi Fed akan segera memperlambat laju pengetatan suku bunga, tetapi data ketenagakerjaan, jasa dan pabrik AS yang positif baru-baru ini telah menambah ketidakpastian investor atas prospek kebijakan Fed. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku lagi ketika bertemu minggu depan.

Melansir Antara, Kamis, 8 Desember 2022 indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap mata uang utama lainnya, terakhir turun 0,2 persen.

“Kekhawatiran resesi akan mendorong Fed untuk berhenti. Inilah mengapa dolar melemah di sini,” kata Edward Moya dari Oanda di New York.

“Lonjakan suku bunga memiliki pendorong utama penguatan dolar selama setahun terakhir,” imbuhnya.

Terhadap dolar, euro naik 0,2 persen menjadi 1,0488 dolar. Euro telah meningkat baru-baru ini di tengah tanda-tanda penurunan ekonomi Eropa mungkin tidak seburuk yang dikhawatirkan sebelumnya. Dolar juga melemah 0,2 persen terhadap yen Jepang.

Selain itu, dolar AS turun 0,1 persen terhadap dolar Kanada. Bank sentral Kanada menaikkan suku bunga acuan overnight sebesar 50 basis poin menjadi 4,25 persen, level tertinggi dalam hampir 15 tahun, dan mengisyaratkan operasi pengetatan hampir berakhir.

Di Asia, yuan Tiongkok menguat karena pemerintah sebelumnya mengumumkan langkah-langkah yang menandai perubahan tajam pada kebijakan keras zero covid yang telah menghancurkan ekonominya dan memicu protes bersejarah.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Portonews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *