Defisit Perdagangan Jepang Berlanjut karena Melemahnya Yen

Impor Jepang melonjak lebih dari setengah pada Oktober dari tahun sebelumnya, mengecilkan ekspor dan menghasilkan defisit perdagangan. Hal ini sangat membebani yen dan menambah tekanan ke atas pada biaya hidup.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 17 November 2022, kesenjangan perdagangan mencerminkan kesedihan yang dirasakan oleh rumah tangga yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan di tengah kenaikan harga mulai dari makanan hingga bahan bakar, sementara memeras keuntungan di perusahaan yang bergantung pada impor yang membebankan biaya kepada klien mereka.

Ekspor Jepang tumbuh 25,3 persen tahun ke tahun di bulan Oktober, dipimpin oleh pengiriman mobil, keripik dan suku cadang elektronik, naik selama 20 bulan berturut-turut menyusul kenaikan 28,9 persen di September, data perdagangan menunjukkan.

Impor melonjak 53,5 persen dalam kenaikan bulan ke-21 mereka, didorong oleh minyak mentah, batu bara dan gas alam cair dan menghasilkan defisit perdagangan 2,16 triliun yen (USD15,50 miliar), rekor untuk Oktober.

Perekonomian terbesar ketiga di dunia ini bergantung pada ekspor barang olahan seperti mobil dan elektronik untuk pertumbuhan selama beberapa dekade terakhir. Sekarang pembuat kebijakan Jepang lebih khawatir tentang dampak melonjaknya impor pada ekonominya yang miskin sumber daya mengingat penurunan tajam yen.

Menurut tujuan, data perdagangan hari Kamis menunjukkan ekspor ke AS naik 36,5 persen tahun ke tahun di Oktober, didorong oleh mobil dan motor.

Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang nomor satu Jepang, naik 7,7 persen pada Oktober, dipimpin oleh mobil dan perlengkapan audio. Perlambatan ekonomi Tiongkok kemungkinan menimbulkan kekhawatiran tentang dampak tindakan nol covid-19 pada pengiriman Jepang dan ekonomi global yang lebih luas.

Data pemerintah menunjukkan ekonomi Jepang menyusut pada Juli-September untuk pertama kalinya dalam setahun karena impor melebihi ekspor, mengurangi sebagian besar PDB.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *