Makhachev Unggul Takedown, Oliveira Agresif di Submission

Duel Charles Oliveira vs Islam Makhachev di UFC 280 adalah duel dua petarung yang lihai dalam ground fighting.

Oliveira dan Makhachev sama-sama diwaspadai oleh lawan-lawannya selama ini akibat performa impresif mereka dalam ground fighting. Dalam catatan kemenangan keduanya, kemenangan lewat submission memegang porsi paling banyak.

Dari 33 kemenangan yang didapat Oliveira dalam kariernya di MMA, 21 di antaranya lewat submission. Sedangkan Makhachev mencatat 10 kemenangan submission dari total 22 kemenangan yang dia dapat.

Berdasarkan statistik yang dirilis UFC, Makhachev lebih unggul dibandingkan Oliveira dalam hal takedown alias menjatuhkan lawan. Takedown biasa juga dilakukan untuk membawa pertarungan ke ground fighting.

Makhachev punya rata-rata takedown 3,41 per 15 menit, sedangkan Oliveira mencatat 2,46 takedown per 15 menit.

Namun menariknya, dalam hal submission, Oliveira lebih unggul. Oliveira punya rata-rata submission 2,89 per 15 menit, sedangkan Makhachev ada di angka 1,23 submission per 15 menit.

Duel dua petarung yang jago dalam ground fighting ini juga makin menarik disimak karena menghadirkan potensi adu teknik tingkat tinggi untuk menjerat lawan.

Selama ini, Makhachev dikenal sebagai salah satu sosok yang sulit dijatuhkan. Ia punya catatan takedown defense di angka 88 persen.

Namun dengan bekal hebat kedua petarung di ground fighting, bukan berarti laga nanti akan mutlak didominasi oleh pertarungan di atas matras.

Bisa jadi malah kedua petarung bakal adu pukul bila pertahanan lawan rapat dan sulit untuk ditembus lewat ground fighting. Kedua petarung juga punya catatan bagus soal kekuatan pukulan. Oliveira punya catatan sembilan kali menang KO/TKO sedangkan Makhachev pernah empat kali menumbangkan lawan lewat KO/TKO.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *