Wapres Kamala Harris Lantik Duta Besar AS untuk ASEAN

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris melantik Yohannes Abraham sebagai Duta Besar AS untuk ASEAN dalam sebuah seremoni di Washington, Senin, 19 September 2022. Dikutip dari laman voa, Yohannes Abraham merupakan kandidat pilihan Presiden AS Joe Biden.

Biden mencalonkan Yohannes Abraham untuk posisi tersebut musim semi lalu, dan penunjukkannya dikonfirmasi dalam pemungutan suara Senat awal September ini.

Sebelumnya, Yohannes Abraham pernah menjabat di Dewan Keamanan Nasional AS di bawah pemerintahan Biden. Ia juga merupakan anggota tim transisi Biden-Harris di musim pemilu.

Di era pemerintahan Barack Obama, Yohannes Abraham juga dikenal sebagai salah satu pejabat ternama.

ASEAN adalah organisasi negara-negara Asia Tenggara, yang terdiri dari Indonesia, Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Myanmar, Brunei dan Laos.

Pelantikan Yohannes Abraham oleh Harris memperlihatkan komitmen AS untuk terus menjalin keterlibatan di kawasan ASEAN.

Mei lalu, ASEAN-US Special Summit di Washington DC menghasilkan ASEAN-US Joint Vision Statement.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan bahwa di dalam ASEAN-US Joint Vision Statement dituangkan komitmen kedua belah pihak untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor strategis.

Komitmen tersebut di antaranya, pertama, penguatan kerja sama pemulihan pandemi dan keamanan kesehatan guna memperkuat resiliensi atau ketahanan kesehatan kawasan melalui program ASEAN-US Health Futures Initiative.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *