Menhan Jerman Dicalonkan sebagai Pemimpin Komisi Eropa

Para pemimpin Uni Eropa (UE) dilaporkan telah sepakat untuk mencalonkan Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen sebagai Presiden Komisi Eropa berikutnya.

Presiden Dewan Eropa saat ini, Donald Tusk menuturkan bahwa Dewan Eropa telah mengusulkan nama Leyen, yang akan menjadi presiden Komisi wanita pertama jika disetujui oleh Parlemen Eropa.

“Dewan Eropa telah menyetujui nama-nama para pemimpin masa depan lembaga-lembaga UE,” kata Tusk dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (3/7).

Sementara itu, Dewan Eropa juga dilaporkan telah sepakat untuk mencalonkan Perdana Menteri sementara Belgia, Charles Michel sebagai Presiden baru Dewan Eropa, menggantikan Tusk.

Direktur Pelaksana IMF saat ini dan mantan Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde juga dinominasikan untuk jabatan Presiden Bank Sentral Eropa. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Spanyol, Josep Borrell Fontelles dinominasikan untuk Perwakilan Tinggi untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan UE.

Pemilihan pemimpin lembaga UE sendiri akan dilaksanakan hari ini, mundur satu hari dari jadwal semula. Mundurnya pemilihan ini disebabkan oleh alotnya pembahasan mengenai calon pemimpin lembaga UE, di mana para pemimpin UE baru menyepakati keempat nama tersebut, semalam.

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : SINDOnews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *