Sekjen PBB Kunjungi Area Terdampak Banjir Pakistan Hari Ini

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres dijadwalkan terbang menuju Pakistan pada Rabu ini, 7 September 2022, untuk mengunjungi langsung area-area terdampak banjir.

Bencana yang sudah terjadi sejak Juni lalu itu telah menewaskan lebih dari 1.300 orang.

“Saya akan terbang ke Pakistan untuk mengekspresikan solidaritas saya kepada masyarakat Pakistan. Saya akan menyerukan dukungan masif kepada komunitas internasional untuk membantu masyarakat Pakistan,” ucap Guterres, dikutip dari The Straits Times.

Para pakar mengatakan bahwa bencana banjir di Pakistan, salah satu yang terburuk dalam sejarah Pakistan, merupakan salah contoh dampak buruk perubahan iklim.

Menurut Guterres, isu perubahan iklim tetap harus dibahas secara seksama walau perhatian dunia cenderung tertuju kepada masalah lain, terutama seputar invasi Rusia di Ukraina.

“Orang-orang cenderung lupa bahwa ada perang lain – perang yang kita lakukan terhadap alam, dan alam menyerang balik. Perubahan iklim mendorong kehancuran planet kita,” kata Guterres.

“Pakistan, Chad, dan Horn of Afrika, di mana kekeringan menyebabkan kelaparan di sana. Semua ini merupakan ancaman besar bagi kita semua.”

“Hari ini Pakistan. Besok bisa jadi di tempat lain. Dalam menghadapi perubahan iklim, bersikap biasa-biasa saja sama seperti bunuh diri,” ungkapnya.

Stephane Dujarric, juru bicara Guterres, mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers reguler bahwa PBB dan mitra-mitranya telah mengirim bantuan makanan atau uang tunai kepada setidaknya 336.000 orang terdampak banjir di provinsi Balochistan, Pakistan.

“Distribusi sedang berlangsung untuk 117.000 orang di provinsi Sindh,” kata Dujarric.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Antaranews.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *