Topan Hinnamnor Hantam Korsel, Puluhan Ribu Rumah Kehilangan Aliran Listrik

Topan Hinnamnor menghantam Korea Selatan bagian selatan, membawa hujan deras dan angin kencang yang merusak sejumlah ruas jalan dan menumbangkan deretan tiang listrik pada Selasa, 6 September 2022. Puluhan ribu rumah di area terdampak topan pun kehilangan aliran listrik.

Dikutip dari TRT World, Topan Hinnamnor menerjang Pulau Jeju dan juga area dekat kota Busan pada pagi hari. Kecepatan angin Topan Hinnamnor mencapai 144 kilometer per jam.

Pergerakan Topan Hinnamnor diproyeksikan mencapai Tiongkok timur pekan ini. Beberapa hari sebelumnya, layanan kapal feri di Tiongkok timur dan penerbangan di Jepang ditangguhkan akibat dampak terjangan topan.

Otoritas Korsel telah menerapkan status siaga terkait potensi kerusakan akibat banjir, tanah longsor dan gelombang tinggi yang dipicu terjangan Topan Hinnamnor. Angin ribut itu datang beberapa pekan usai area sekitar ibu kota Seoul dilanda banjir yang menewaskan 14 orang.

Perdana Menteri Korsel Han Duk-soo menyerukan evakuasi di area-area rentan banjir, dengan mengatakan bahwa Hinnamnor dapat menjadi “topan terkuat dalam sejarah yang belum pernah kita lihat sebelumnya.”

Sejak hari Minggu kemarin, Topan Hinnamnor telah memicu guyuran hujan deras di wilayah sentral Pulau Jeju, dengan kecepatan tiupan angin hingga 155 km/jam.

Seorang pria berusia 25 tahun dinyatakan hilang usai jatuh ke aliran sungai di kota Ulsan di tengah terjangan topan, menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Warga.

Sejauh ini belum ada lagi laporan korban terkait Topan Hinnamnor di Korsel.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : JawaPos.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *