Bertemu Xi Jinping, Jokowi Bahas Akses Pasar CPO hingga Ikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas isu akses pasar dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping. Akses pasar utama yang dibahas adalah untuk produk minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan akses pasar yang dibahas Jokowi, Li Keqiang dan Xi Jinping juga untuk buah tropis dan 22 spesies ikan.

“Bapak Presiden baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Premier Li Keqiang dengan Presiden Xi Jinping (secara terpisah). Bapak Presiden dalam pertemuan memperjuangkan isu akses pasar,” kata Retno, dikutip dari Antara, Rabu (27/7).

Selain itu, Jokowi juga membahas pembaruan protokol untuk mengakomodasi produk turunan burung walet dan porang serta meminta dilakukan peninjauan kembali kebijakan antidumping terhadap stainless steel Indonesia.

Jokowi bertemu dengan Xi Jinping di gedung tamu kenegaraan Diaoyutai, Beijing pada Selasa (26/7). Jokowi dan Xi menyampaikan komitmen mereka untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

“Republik Rakyat Tiongkok (China) adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” ucap Jokowi dalam pernyataan resmi.

Selain itu, China juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hijau. Bentuk kerja samanya antara lain melalui pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

“Presiden Xi juga menegaskan komitmen untuk meningkatkan impor produk pertanian Indonesia,” ucap Retno.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *