Biden: Pandangan Saya, AS Tak Akan Terjatuh ke Jurang Resesi

Presiden AS Joe Biden percaya diri dan karena itu tak mengharapkan Amerika Serikat mengalami resesi ekonomi. Keyakinan ia sampaikan meskipun angka PDB AS yang akan dirilis akhir pekan ini mungkin menunjukkan ekonomi menyusut untuk kuartal kedua berturut-turut.

“Kami tidak akan jatuh ke dalam jurang resesi. Itu dalam pandangan saya,” kata Biden seperti dikutip dari AFP, Selasa (26/7).

Keyakinan itu ia sampaikan sambil mengutip angka penciptaan lapangan kerja di AS yang kuat. Dengan angka itu, Biden berharap terjadi soft landing pada pertumbuhan ekonomi AS dari pertumbuhan yang cepat ini ke stabil.

Pernyataan itu disampaikan setelah beberapa pejabat AS menganggap enteng peluang terjadinya peningkatan resesi. Para pejabat itu mengatakan penurunan di ekonomi terbesar di AS tidak mungkin terjadi karena pasar tenaga kerja masih ketat.

Padahal, proyeksi terbaru menunjukkan PDB berpotensi jatuh pada kuartal kedua, menyusul penurunan 1,6 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini. Tak hanya dihadapkan pada pertumbuhan ekonomi yang menyusut, AS kini tengah dihadapkan pada lonjakan inflasi yang pada Juni kemarin tembus 9,1 persen atau level tertinggi dalam 41 tahun terakhir.

Untuk meredam lonjakan inflasi itu, Federal Reserve sudah mengerek suku bunga dan kemungkinan akan melakukannya lagi. Nah, kenaikan suku bunga sebesar tiga perempat poin persentase dalam upaya meredam lonjakan inflasi itu berpotensi menahan laju dan bahkan menjatuhkan pertumbuhan ekonomi.

Dampak perlambatan ekonomi itu sudah diamini Ketua Fed Jerome Powell.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *