Batavia Madrigal Singer Siap Bawa Harum Indonesia di European Grand Prix for Choral Singing di Perancis

Batavia Madrigal Singers (BMS) menjadi salah satu paduan suara Indonesia yang akan tampil di 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 pada 18 Juni 2022 di Tours, Perancis.

BMS terpilih untuk tampil karena pada tahun 2019 yang lalu berhasil menjadi juara umum dalam kompetisi Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) di Spanyol.

Pada kompetisi yang sama, BMS juga berhasil meraih tiga gelar Juara I, yaitu dalam kategori Polyphony, kategori Basque and Popular Music, dan Audience Choice Award (Favorit Penonton).

European Grand Prix for Choral Singing merupakan kompetisi paduan suara tertua di dunia yang mempertandingkan para pemenang juara umum dari enam kompetisi paling bergengsi di Eropa.

Enam kompetisi tersebut meliputi Concorso Polifónico Guido d’Arezzo (International Guido d’Arezzo Polyphonic Contest) di Arezzo, Italia; Béla Bartók International Choir Competition – Debrecen, Hajdú-Bihar county, Hungaria; International Choral Competition Gallus Maribor – Maribor, Slovenia.

Kemudian, Certamen Coral de Tolosa (Tolosa Choral Competition) – Tolosa, Spanyol; lorilège Vocal de Tours (Tours Vocal Competition) – Tours, Indre-et-Loire, Perancis; dan International May Choir Competition «Prof. G. Dimitrov» – Varna, Bulgaria.

Avip Priatna, Pendiri dan Direktur Musik dari Batavia Madrigal Singers menyatakan sangat bangga dapat menjadi salah satu paduan suara yang akan tampil pada 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP).

“Kompetisi ini menjadi salah satu konsistensi kami dalam membawa nama harum bangsa Indonesia di kancah internasional,” ujar Avip Priatna dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Berbagai persiapan telah dilakukan seperti latihan secara rutin, menjaga kesehatan masing-masing anggota serta kostum yang terbaik.

Avip mengatakan, kompetisi ini mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 dan sekarang mereka sudah tak sabar untuk bisa memberikan penampilan terbaik di kompetisi tertua dan tersulit dalam kategori paduan suara ini.

Sebelumnya, Batavia Madrigal Singers telah terpilih Finalis European Grand Prix for Choral Singing di tahun 2013 dan 2017.

BMS menjadi paduan suara pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan pencapaian setinggi ini.

Di tahun ini, BMS akan memberangkatkan 44 penyanyi dan 1 pianis untuk menampilkan karya dari Thierry Machuel, Juan Gutierrez de Padilla, Edward Elgar, József Karai, Toyotaka Tsuchida dan Ken Steven.

BMS tergabung dalam ekosistem The Resonanz Music yang juga menaungi Jakarta Concert Orchestra (JCO), The Resonanz Children Choir (TRCC) dan The Resonanz Music Studio (TRMS).

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *