Harga Minyak Dunia Dijual Bervariasi, Ini Penyebabnya

Harga minyak dunia juga beragam pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat pagi WIB). Harga minyak masih terimbas kekhawatiran pasokan dan ketegangan geopolitik di Eropa.

Mengutip Antara, Jumat, 13 Mei 2022, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli turun enam sen, menjadi USD107,45 per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni terangkat 42 sen atau 0,4 persen, menjadi USD106,13 per barel.

Larangan Uni Eropa yang tertunda atas minyak Rusia sebagai pemasok utama minyak mentah dan bahan bakar akan semakin memperketat pasokan global.

Uni Eropa masih tawar-menawar terkait embargo Rusia tersebut. Pasalnya, pemungutan suara ditunda karena Hongaria menentang larangan tersebut lantaran akan mengganggu perekonomiannya.

Secara lebih luas, harga minyak dan pasar keuangan telah berada di bawah tekanan di tengah kegelisahan atas kenaikan suku bunga, penguatan dolar AS, kekhawatiran atas inflasi dan kemungkinan resesi serta lockdown di Tiongkok.

“Kemerosotan pertumbuhan permintaan tidak bisa datang pada waktu yang lebih baik, dengan Tiongkok tampaknya diambang mengunci ibu kota Beijing pada saat tertentu,” kata direktur energi berjangka Bob Yawger di Mizuho.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Okezone

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *