Tiket.com dan Blibli Dikabarkan Bakal IPO usai Merger

Tiket.com dan Blibli dikabarkan akan melantai di bursa saham dalam beberapa waktu ke depan. Namun, Tiket.com terlebih dahulu akan melakukan merger dengan perusahaan akuisisi dengan tujuan khusus alias Special Purpose Acquisition Company (SPAC).

Pada tahun lalu, CEO Tiket.com George Hendrata mengatakan bahwa pihaknya tengah menjajaki penawaran umum yang akan menggabungkan perusahaannya dengan salah satu aplikasi lainnya di Asia Tenggara.

“Jika Tiket memutuskan untuk go public, pasti akan dilakukan tahun ini,” kata George dalam wawancara bersama Bloomberg TV, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (26/5).

Perusahaan naungan Djarum Group tersebut dikabarkan sudah memiliki penasihat khusus untuk melancarkan aksinya di bursa saham.

“Konglomerat Indonesia Djarum Group, telah memilih penasihat untuk penawaran umum perdana yang potensial di Jakarta pada awal tahun depan,” tulis Bloomberg, Kamis (26/8).

Tiket.com direncanakan akan bekerja sama dengan Credit Suisse Group AG dan Morgan Stanley sebelum melantai di bursa saham. Namun, baik Djarum Group maupun Credit Suisse menolak berkomentar lebih lanjut soal isu ini.

Djarum Group sendiri merupakan perusahaan milik orang terkaya di RI yakni Budi Hartono dan Michael Hartono. Menurut Bloomberg Billionaires Index, Budi diketahui memiliki kekayaan sebesar US$16,5 miliar dan Michael sebesar US$15,5 miliar.

Apabila rencana ini terealisasikan, maka akan menambah daftar perusahaan teknologi Tanah Air yang akan melantai di bursa. Sebelumnya, PT Bukalapak.com Tbk telah terlebih dahulu melantai pada tahun lalu dengan nilai Rp22 triliun.

Sementara itu, PT GoTo Gojek Tokopedia akan melantai pada Senin (11/4). Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, total jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 1.184.363.929.502 saham.

Adapun, harga penawaran saham GoTo ditetapkan Rp338 per saham sehingga total dana kapitalisasi pasar perusahaan mencapai Rp400,31 triliun.

Redaksi CNNIndonesia.com berupaya menghubungi CEO Blibli Kusumo Martono dan Co-Founder Tiket.com Michael Gaery Undarsa terkait rencana IPO tersebut. Namun, yang bersangkutan belum memberikan respons.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *