Wujud Peduli Lingkungan, Warga Sydney Gunakan Off-Grid Selama 25 Tahun

Rumah Michael Mobbs yang terletak di Sydney, Australia, memiliki fitur tersembunyi. Disana terdapat sebuah tangki yang terkubur dan menampung air hujan untuk digunakan kembali. Sistem off-grid digunakan oleh Michael sebagai bentuk peduli lingkungan.

“Satu kekanak-kanakan, saya diberitahu bahwa Anda tidak dapat melakukan itu dan seperti anak kecil saya ingin melakukannya (menggunakan off-grid),” kata Michael dalam tayangan Newsline, Rabu, 30 Maret 2022.

Direktur Pembelajaran dan Pengajaran Universitas Sydney Alejandro Montoya menyatakan, sistem off-grid lahir dari meningkatnya kekhawatiran dan kesadaran akan masalah lingkungan. Orang-orang cenderung mencari alternatif untuk menghemat SDA serta menurunkan beban konsumsi energi bagi bumi.

“Perubahan iklim mempengaruhi pasokan air dan oleh karena itu kita akan berada pada titik di mana kita membutuhkan aliran air yang bersih serta berkelanjutan, untuk peningkatan populasi di planet ini,” tutur Alejandro.

Sistem kerja off-grid yakni mengumpulkan air hujan dari atap ke selokan yang tertutup guna mencegah daun dan kotoran burung bercampur dengan air. Kemudian, air hujan yang terkumpul melewati saringan jaring sederhana dialirkan menggunakan pipa dan berakhir di tangki 8.500 liter. Tangki tersebut terkubur di bawah dek taman yang siap digunakan.

Selain ramah lingkungan sistem off-grid juga menghemat uang Mobbs. Mobbs telah menghemat 90ribu liter air per tahun. Angka tersebut setara 3 juta liter selama 25 tahun jika rumahnya mati listrik.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *