Perkembangan Damai Rusia-Ukraina, Harga Emas Dunia Anjlok

Harga emas dunia turun tajam pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena selera risiko investor meningkat. Hal ini menyusul meredanya guncangan awal atas perang Rusia-Ukraina, di tengah tanda-tanda diplomasi kedua belah pihak mungkin benar-benar berhasil.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di divisi Comex New York Exchange, anjlok USD24,2 atau 1,22 persen menjadi USD1.960 per ons. Emas mencapai terendah sesi di USD1.952 per ons yang menandai titik terendah sejak 4 Maret.

Kejutan awal konflik Rusia-Ukraina mereda ketika pejabat Rusia dan Ukraina memulai putaran keempat pembicaraan damai, memicu selera risiko investor.

“Ada beberapa perkembangan yang berpotensi positif di medan perang Rusia-Ukraina dan itu telah mendorong reli pasar ekuitas dan merusak pasar logam,” ujar Analis Senior di Kitco Metals Jim Wyckoff, dikutip dari Antara, Selasa, 15 Maret 2022.

Juga menekan emas yang tidak memberikan imbal hasil, imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun melonjak, karena Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga minggu ini.

Investor juga menunggu penutupan dan pengumuman pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu, 16 Maret 2022, Federal Reserve akan menaikkan suku bunga setelah pertemuan FOMC ditutup.

“Saya belum akan menyebut ini (reli baru-baru ini) sebagai puncaknya emas, karena situasi (Ukraina) ini masih belum pasti. Ini sangat cair,” kata Analis Julius Baer, Carsten Menke.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 86,2 sen atau 3,3 persen menjadi USD25,298 per ons. Platinum untuk pengiriman April turun USD36,3 atau 3,33 persen menjadi USD1.052,3 per ons.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Megazio.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *