Dolar AS Tumbang Jelang Pengumuman Data Inflasi

Mata uang dolar Amerika Serikat (USD) merosot tajam pada akhir perdagangan Rabu waktu (Kamis pagi WIB), menjelang pengumuman data inflasi AS.

Mengutip Antara, Kamis, 10 Februari 2022, indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya menyusut 0,056 persen, dengan euro naik 0,1 persen menjadi USD1,1425.

Angka IHK (indeks harga konsumen) AS dikhawatirkan akan mendorong pengetatan moneter Federal Reserve sehingga investor bersiap untuk kenaikan suku bunga yang lebih agresif. Data inflasi diramal naik 0,5 persen secara bulanan dan 7,3 persen secara tahunan.

Investor merevisi perkiraan mereka untuk kenaikan suku bunga bank sentral Eropa yang ternyata menahan pengetatan. Adapun Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan kenaikan suku bunga akan tergantung pada kekuatan inflasi

“Saya pikir intinya untuk ECB dan The Fed adalah ada banyak ketidakpastian, sehingga mereka ingin mempertahankan fleksibilitas maksimum,” kata kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex, Marc Chandler.

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *