Honduras Resmi Punya Presiden Wanita Pertama, Xiomara Castro

Xiomara Castro dilantik menjadi Presiden Honduras, Kamis (22/1), di ibu kota negara, Tegucigalpa. Ia resmi menjadi presiden wanita pertama negara tersebut.

Castro menang telak dalam pemilihan presiden akhir tahun lalu dengan janji kampanye mengentaskan skandal dan korupsi. Ia juga berjanji mengentaskan kemiskinan dan meliberalisasi Undang-undang Aborsi.

“200 tahun sudah sejak kemerdekaan kita diproklamirkan. Kita harus memutus mata rantai dan merusak tradisi buruk itu,” kata Castro seperti dilansir dari CNN.

Bersama partainya, Partai Kebebasan dan Refondasi (Libre), Castro menang pemilu pada November 2021 lalu. Ia menang 14 poin atas pesaing terdekatnya yang juga Wali Kota Tegucilgapa, Nasry Asfura dan presiden petahana Juan Orlando Hernandez dari Partai Nasional.

Castro menang 51 persen suara dalam pemilu. Jumlah ini merupakan rekor perolehan suara dalam pemilu di Honduras sekaligus cermin keinginan warga yang menginginkan perubahan.

Castro bukan orang baru di pemerintahan Honduras. Ia pernah jadi ibu negara. Suaminya adalah Manuel Zelaya yang memimpin Honduras pada 2006-2009. Rezim Zelaya jatuh pada 2009 karena kudeta.

Janji Castro untuk memberantas masalah sistemik di balik kemiskinan, termasuk masalah ekonomi, ketimpangan, korupsi, dan kekerasan, termasuk akar masalah migrasi tidak hanya populer di kalangan pemilih, tetapi juga membuatnya menjadi sekutu yang menarik bagi pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Wakil Presiden Kamalah Haris bahkan menyempatkan diri hadir di pelantikan Castro.

Harris secara terbuka memberi selamat kepada Castro. Ia juga menyoroti bagaimana AS-Honduras dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemakmuran ekonomi dan mengatasi korupsi.

“Selamat atas terpilihnya anda menjadi Presiden Honduras,” kata Harris selama pertemuan bilateral.

Ia mengatakan AS berharap hubungan kemitraan bisa segera terwujud untuk kemakmuran ekonomi Honduras.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *