The Fed Percepat Tapering, IHSG Berpotensi Tertekan

Rencana bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed), mempercepat rencana pengurangan nilai investasi (tapering) masih menjadi kekhawatiran pasar.

Alhasil, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin ini, ditutup melemah sebesar 0,15% ke level 6.691,12 dengan nilai transaksi Rp 10,30 triliun. Pelaku pasar asing melakukan pembelian bersih senilai Rp 249,49 miliar.

Dalam risetnya, NH Korindo Sekuritas Indonesia memaparkan, bursa Wall Street ditutup variatif pada perdagangan Senin (10/01) dengan S&P 500 dan DJI melemah, sementara Nasdaq menguat tipis. Sektor teknologi yang sempat tertekan karena ekspektasi kenaikan suku bunga terlihat mulai membukukan rebound di akhir sesi.

Adapun beberapa bank besar AS kini memproyeksikan the Fed untuk menaikkan suku bunga sebanyak 4 kali di tahun ini.

Dari bursa domestik, IHSG masih melanjutkan pelemahan dengan koreksi 0,15% kemarin; dipimpin oleh sektor teknologi yang turun 3,52%. Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan ketentuan larangan ekspor batu bara yang semula berlaku sepanjang Januari 2022.

“Untuk hari ini, indeks acuan diperkirakan masih akan tertekan dengan proyeksi rentang pergerakan di area 6.650-6.750,” tulis NH Korindo, dalam risetnya, Selasa (11/1/2022).

Sementara itu, CEO Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menyampaikan, kondisi pergerakan IHSG saat ini terlihat lebih bersifat konsolidatif dengan potensi kenaikan jangka pendek yang masih terbuka. Jika resisten level terdekat dapat ditembus maka IHSG berpeluang untuk meraih level tertinggi sepanjang masanya kembali.

Hal tersebut tentunya ditunjang oleh beberapa faktor di antaranya arus capital inflow yang terlihat mulai kembali ke dalam pasar modal Indonesia, serta masih kuat dan stabilnya fundamental perekonomian Indonesia.

William memperkirakan, IHSG bergerak menguat pada rentang 6.518 – 6.725.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *