Presiden Jokowi akan Buka Muktamar NU di Lampung Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren Darussaadah, Lampung pada Rabu (22/12) hari ini. Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan turut hadir dalam agenda tersebut.

Berdasarkan agenda Muktamar NU, Jokowi akan meresmikan Muktamar dan berpidato pada pembukaan acara tersebut sekitar pukul 11.30 WIB.

“Iya. Insya Allah Presiden Jokowi dan Wapres Kiai Ma’ruf sudah fix bakal hadir pembukaan Muktamar,” ujar Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, Imam Aziz pada Selasa (21/12) kemarin.

Setelah dibuka oleh Jokowi, muktamar yang diperkirakan berlangsung hingga Kamis (23/12) itu akan ditutup oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Imam menegaskan acara Muktamar NU telah mensyaratkan protokol kesehatan (prokes) bagi para peserta. Karenanya, panitia hanya membatasi jumlah peserta maksimal 500 orang.

“Kita sudah mendesain itu semua sesuai dengan aturan Pemerintah,” kata dia.

Setelah agenda pembukaan, peserta akan melanjutkan kegiatan menggelar agenda sidang pembacaan tata tertib dan laporan pertanggungjawaban jajaran PBNU masa bakti 2015-2020 di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung sore hingga malam.

Kegiatan dilanjutkan esoknya, Kamis (23/12) dilanjutkan dengan agenda sidang komisi-komisi membahas mengenai isu-isu organisasi, keagamaan dan kebangsaan.

Salah satu agenda yang paling ditunggu di Muktamar NU adalah suksesi Ketua Umum PBNU masa bakti 2021-2026. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketum PBNU berikutnya. Mereka adalah Ketum petahana, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Lampung – iNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *