Thailand Deteksi Kasus Perdana Covid-19 Varian Omicron

Thailand mendeteksi kasus perdana Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron. Menurut keterangan Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Opas Karnkawinpong, kasus pertama ini terdeteksi di tubuh seorang warga Amerika Serikat yang tiba di Thailand dari Spanyol akhir bulan lalu.

Konfirmasi ini menjadikan Thailand sebagai negara ke-47 yang mendeteksi varian Omicron. Varian tersebut pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

“Kasus pertama varian Omicron ini adalah seorang pria berusia 35 tahun berkewarganegaraan AS yang tinggal di Spanyol selama satu tahun,” kata Opas, dikutip dari The Peninsula, Senin, 6 Desember 2021.

Opas mengatakan otoritas kesehatan Thailand sedang melakukan tes lanjutan terhadap sejumlah orang yang pernah melakukan kontak dengan pria tersebut. Namun menurutnya, sejauh ini semua kontak dinyatakan berada di level risiko rendah.

Thailand melarang masuk pelancong dari delapan negara Afrika termasuk Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe sejak awal Desember di tengah kekhawatiran varian Omicron.

Otoritas Thailand juga membatasi perjalanan dari tambahan empat negara afrika lainnya, dan saat ini tengah mengawasi potensi kemunculan Omicron di kalangan pelancong internasional.

Senin ini, Thailand mencatat tambahan 4.000 kasus Covid-19 dan 22 kematian. Sejak awal pandemi tahun lalu, Thailand mencatat total lebih dari 2,1 juta infeksi dan 20.966 kematian.

Menurut data Kementerian Kesehatan Thailand, lebih dari 57 persen warga di seantero negeri telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *