Piala AFF: Timnas Indonesia Perkasa Atas Kamboja

Timnas Indonesia didukung rapor apik saat bersua Kamboja pada penyisihan grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12).

Berdasarkan data 11v11, Timnas Indonesia telah bertemu Kamboja sebanyak 16 kali di semua ajang. Rinciannya, Timnas Indonesia meraih 11 kemenangan dan hanya satu kali imbang.

Timnas Indonesia mengukir kemenangan pertama atas Kamboja di ajang SEA Games 1995. Ketika itu, tim Merah Putih mengukir kemenangan telak 10-0 atas Kamboja di laga fase grup.

Top 3 Sports: Indonesia Sulit Menang Telak, Kabar Baik dari Egy
Eri Irianto menjadi penyumbang gol terbanyak di laga tersebut dengan mengemas quattrick. Sisanya tercipta melalui hattrick Kurniawan Dwi Yulianto, dan masing-masing satu gol dari Widodo Cahyono Putro, Ansyari Lubis, serta Indriyanto Nugroho.

Kemenangan dengan skor 10-0 itu sampai dengan saat ini masih jadi rekor buat Timnas Indonesia. Tim Garuda belum pernah lagi mengalahkan Kamboja dengan skor sebesar itu.

Timnas Indonesia belakangan juga tidak lagi leluasa meraih kemenangan telak atas Kamboja. Dalam tiga pertandingan terakhir, Timnas Indonesia tidak pernah menang dengan margin empat gol atau lebih seperti dua dekade sebelumnya.

Timnas Indonesia terakhir kali bersua Kamboja dalam laga uji coba tahun 2017. Saat itu, Timnas Indonesia menang berkat gol dari Lerby Eliandry, Rezaldi Hehanussa, dan Septian David Maulana yang hanya mampu diperkecil oleh Chan Vathanaka.

Sebelum itu Kamboja dua kali menjajal kekuatan Indonesia pada Juni 2017 dan September 2014. Dalam dua laga uji coba tersebut Timnas Indonesia hanya menang 2-0 dan 1-0.

Sementara itu, satu-satunya hasil imbang Timnas Indonesia saat bersua Kamboja terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 1998. Kala itu, tim Merah Putih harus puas bermain imbang 1-1 melawan Kamboja di Phnom Penh.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *