Sudah Sampai India, 2 Kasus Perdana Omicron Bergejala Ringan

Varian terbaru covid-19, Omicron sudah sampai di India. Negeri Bollywood ini mengumumkan dua kasus perdana Omicron yang bergejala ringan.

Kementerian Kesehatan Federal mengatakan, varian ini ditemukan pada dua pasien pria berusia 66 dan 46 tahun. Meskipun mengumumkan kasus perdana varian ini, pemerintah mengatakan tidak punya rencana untuk mengizinkan suntikan vaksin booster.

Menteri kesehatan negara bagian Karnataka selatan, tempat kasus terdeteksi mengatakan, orang pertama merupakan warga negara Afrika Selatan. Ia sempat menghabiskan waktu sepekan di India dan pergi pada Sabtu lalu usai dites negatif.

Lebih dari 250 kontaknya dilacak dan dinyatakan negatif. Sementara pasien kedua adalah seorang dokter yang tidak memiliki riwayat perjalanan sebelum ini.

“Keduanya sudah divaksinasi lengkap,” kata Menkes Karnaka, Sudhakar K kepada awak media.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 3 Desember 2021, lima kontak dari dokter yang terinfeksi itu mengaku merasa tak enak badan. Mereka dinyatakan positif, namun sedang diselidiki sampelnya untuk menentukan terjangkit varian yang mana.

India mengalami kasus lonjakan infeksi dan kematian terparah pada April dan Mei lalu karena varian Delta. Mereka sepenuhnya memvaksinasi hanya 49 persen dari 944 juta orang dewasa.

Sekitar 84 persen menerima setidaknya satu dosis, sementara mereka yang berusia di bawah 18 tahun belum diinokulasi.

Beberapa anggota parlemen mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan booster bagi petugas kesehatan dan yang rentan. Pasalnya, negara bagian memiliki persediaan hampir 230 juta dosis vaksin.

Tetapi pejabat kesehatan menegaskan kembali bahwa prioritasnya adalah untuk sepenuhnya menyuntik semua orang dewasa terlebih dahulu.

“Kita tidak boleh menyimpang dari tujuan kita untuk memberikan dua dosis pada setiap individu yang memenuhi syarat,” kata pejabat kesehatan senior Vinod Kumar Paul.

Ia menambahkan, tidak ada rencana untuk mempersingkat durasi antara dua dosis vaksin AstraZeneca.

Tercatat 9.765 kasus baru covid-19 di India pada Kamis kemarin dan menjadikan totalnya, 34,61 juta. Sementara itu, angka kematian tercatat 477 dalam sehari menjadi 469.724 kasus.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *