Jack Grealish Diragukan Tampil untuk Hadapi Bekas Klub-nya

Pelatih Manchester United, Pep Guardiola memuji gelandang barunya, Jack Grealish karena melakoni debut cukup sempurna dengan klub berjuluk The Citizens tersebut.

Namun, belum pasti apakah playmaker asal Inggris itu bisa fit untuk tampil melawan mantan klubnya, Aston Villa pada Kamis (2/12) dini hari wib. Grealish sendiri sudah 15 kali tampil dari 21 pertandingan Man City.

Pemain 26 tahun itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan dalam kemenangan derby atas rival sekota mereka, Manchester United pada 6 November silam. Setelah itu, ia tidak bermain karena cedera usai tampil bersama Timnas Inggris.

Dia terlihat kembali berlatih pada hari Senin (29/11), dan akan dipantau menjelang pertandingan hari Rabu di Villa Park, di mana dia menghabiskan 20 tahun –tujuh tahun sebagai pemain reguler tim utama– sebelum bergabung dengan City.

Grealish memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membayar biaya transfernya yang memecahkan rekor di Inggris, tetapi Guardiola senang dengan dampak yang bisa diberikan sang gelandang serang sejauh ini ketika fit dan tersedia.

“Dia telah memulai dengan sempurna. Ini mudah karena para pemain Inggris kami dan orang-orang lain di sini adalah orang-orang baik. Dia bermain bagus tetapi membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi,” kata Guardiola dikutip Livescore.

Grealish telah mencetak dua gol dan membuat tiga assist musim ini, sementara jumlah tujuh peluang besar yang dibuatnya adalah yang paling banyak dibuat oleh pemain City bersama Joao Cancelo.

Namun, 3,15 peluang yang diciptakan Grealish per 90 menit di Liga Primer Inggris musim ini turun dari 3,34 yang berhasil dibuat dalam kampanye terakhirnya bersama Villa.

Pun begitu, Guardiola mengatakan bahwa jika dianalisa dari penampilannya, Grealish tampil tidak begitu buruk. Terlebih karena visi bermain Man City dan Aston Villa juga berbeda.

“Dia melakukannya dengan sangat baik di Villa. Komitmennya pada klub untuk bertahan dan dipromosikan sangat mengagumkan. Sekarang dia telah kembali dari jeda internasional karena cedera. Semoga dia kembali dan selangkah demi selangkah menemukan performanya,” kata Guardiola.

“Kami memiliki enam, tujuh bulan di depan kami. Saya tidak berpikir kami harus menunggu sampai musim depan untuk melihat Jack Grealish terbaik – saya pikir musim ini.”

Selain itu, pelatih asal Spanyol tersebut juga memberikan kabar terbaru tentang beberapa kondisi pemainnya jelang laga pekan ke-14 itu. Di mana salah satunya mengenai kondisi Kevin De Bruyne.

Pemain asal Belgia itu telah mengembalikan tes virus corona (Covid-19) negatif, namun belum berlatih. Sedangkan Phil Foden masih diragukan, sementara Ferran Torres absen jangka panjang dan Aymeric Laporte diskors.

“Kevin perlu waktu untuk menunjukkan performanya. Phil dan Jack masih dalam situasi yang sama. Mungkin besok mereka bisa bermain, tapi tidak akan lama – kita akan lihat setelah mereka berlatih hari ini,” kata Guardiola.

“Sisanya, kami hanya memiliki 14 atau 15 pemain. Tapi saya sangat mempercayai skuad ini. Jika satu keluar, yang lain masuk. Desember adalah bulan terberat tahun ini bagi kami dan kami berada dalam masalah karena kami hanya memiliki sedikit pemain yang bisa diturunkan.”

Pertandingan hari Rabu di Villa Park akan menjadi pertemuan manajerial pertama antara Guardiola dan bos baru Aston Villa, Steven Gerrard. Guardiola hanya kalah tiga kali dari 64 pertandingan Liga Primer melawan manajer asal Inggris. Datang melawan Roy Hodgson (Desember 2018), Frank Lampard (Juni 2020) dan Graham Potter (Mei 2021).

Gerrard telah memenangkan dua pertandingan Villa pertamanya sejak tiba dari Rangers – tidak ada manajer dalam sejarah klub yang memenangkan tiga pertandingan pertama mereka – dan Guardiola mengharapkan ujian berat di Midlands.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Bola.net

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *