Ballon d’Or 2021: Alexia Putellas Jadi Ratu, Pesepak Bola Wanita Terbaik

Kapten Barcelona, Alexia Putellas, memenangi penghargaan Ballon d’Or Wanita, yang dianugerahkan kepada pesepak bola wanita terbaik tahun 2021.

Putellas terpilih mendapat penghargaan Ballon d’Or Wanita 2021 pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet di Paris, Perancis, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Putellas yang kini berusia 27 tahun menjadi aktor kemenangan Barcelona saat memenangi Liga Champions ketika mengalahkan Chelsea 4-0.

Dia mengakhiri musim 2020-2021 sebagai gelandang dengan pencetak gol terbanyak di Eropa dengan 26 gol di semua kompetisi.

Selain itu, Putellas juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Wanita UEFA dan Gelandang Terbaik Tahun Ini.

“Jujur, ini sedikit emosional. Sangat istimewa. Senang berada di sini bersama semua rekan tim saya. Kami telah mengalami banyak hal bersama, terutama musim lalu,” kata Putellas dikutip dari ESPN.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua rekan tim sepanjang karier saya dan yang saya miliki saat ini. Ini adalah gelar individu, tetapi sepak bola adalah olahraga tim,” tuturnya.

“Tentu saja saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada klub. Merupakan hak istimewa untuk berada di sini mewakili Barcelona,” katanya.

Adapun rekan setim Putellas, Jennifer Hermoso, berada di urutan kedua, sedangkan striker Chelsea, Sam Kerr, berada di urutan ketiga.

Sementara itu, untuk kategori pria, Lionel Messi (PSG/Argentina) terpilih meraih Ballon d’Or 2021.

Lionel Messi unggul atas pesaing terdekat Robert Lewandowski (Bayern/Polandia) dan Jorginho (Chelsea/Italia) yang secara berurutan menempati posisi kedua dan ketiga.

Berikut 5 Besar Peringkat Ballon d’Or Feminin 2021

1. Alexia Putellas

2. Jennifer Hermoso

3. Sam Kerr

4. Vivianne Miedema

5. Seperti Martens

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *