Buntut Insiden Alec Baldwin, Muncul Petisi Larang Gunakan Senjata Api Asli Saat Syuting

Sebuah petisi muncul di media sosial mengenai pelarangan menggunakan senjata api saat syuting.

Petisi ini merupakan buntut dari penembakan yang tidak sengaja aktor Alec Baldwin terhadap seorang kru film Rust sampai tewas.

Peluru dari senjata yang dianggap aman itu melukai sutradara Joel Souza dan menewaskan direktur fotografi Halyna Hutchins.

Oleh karena itu, aktor Xander Berkeley menyerukan agar masyarakat menandatangani petisi tersebut, sehingga industri film tidak lagi menggunakan senjata api sungguhan saat proses produksi.

“Sebelum Rust, dia membuat tiga film layar lebar. Tapi, ini akan menjadi film yang bakal menempatkannya di peta Hollywood sebagai sinematografi wanita berbakat yang bekerja dengan selebriti papan atas,” kata Berkeley tentang Hutchins.

Berkeley menegaskan, masyarakat bisa ambil peran untuk memastikan bahwa tragedi tersebut tidak akan pernah terjadi lagi ketika senjata api sungguhan tidak digunakan saat syuting.

“Senjata asli tidak lagi diperlukan di set produksi film. Ini bukan awal 90-an, ketika Brandon Lee dibunuh dengan cara yang sama. Perubahan perlu terjadi sebelum nyawa lain hilang,” tegas Berkeley.

Pemeran film Terminator 2 itu juga meminta Alec Baldwin untuk menggunakan pengaruhnya di Hollywood agar menyerukan hal tersebut.

Dilansir dari NME, Senin (25/10/2021), lebih dari 19.000 orang telah menandatangani petisi tersebut.

Sementara, selebriti seperti Sarah Paulson, Olivia Wilde, hingga Lena Dunham telah membagikan petisi tersebut di media sosial mereka.

“Ini abad ke-21. Kita bisa membuat dunia yang tidak nyata menjadi nyata melalui CGI, kita bisa membuat model dunia yang kita inginkan. Kita melarang senjata api di set produksi,” tulis Dunham di akun Twitter miliknya.

Setelah peristiwa tersebut, Alec Baldwin memberikan pernyataan melalui media sosialnya.

Ia mengaku terkejut sekaligus sedih terhadap kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Halyna Hutchins.

“Saya sepenuhnya akan bekerja sama dengan penyelidikan polisi untuk mengatasi bagaimana tragedi ini terjadi,” tulis Alec Baldwin.

“Saya bersahabat dengan suaminya, menawarkan dukungan saya kepadanya dan keluarganya,” tulis Alec Baldwin lagi.

Hingga sekarang, produksi film Rust dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *