Unggul Sendirian, Patrick Konrad Torehkan Kemenangan Pertama di Etape-16

Pembalap asal Austria, Patrick Konrad, menorehkan namanya dalam jajaran pemenang etape (stage) Tour De France. Pengayuh berusia 29 tahun yang berpacu atas nama tim Bora-Hansgrohe tersebut merebut kemenangan etape pertamanya dalam kariernya pada etape ke-16 dengan jarak tempuh sejauh 169 kilometer.

Berpacu dari El Pas De La Casa di Andorra menuju Saint-Gaudens di Prancis dengan trek pegunungan menengah, Rabu (13/7), Konrad mencatatkan waktu empat jam satu menit 59 detik. Catatan itu lebih cepat 42 detik dari Sonny Colbrelli di posisi kedua dan empat pembalap lain di belakangnya.

Sebagaimana dikabarkan BBC, Konrad memacu kecepatan dengan memisahkan diri dari peloton pada tanjakan paling sulit di Col De Portet-D’Aspet. Konrad dan para pembalap juga berhadapan dengan cuaca yang semakin dingin di pegunungan Pyreness di perbatasan Spanyol dan Prancis tersebut.

“Selalu bukan keputusan yang baik untuk bisa unggul lebih dulu tetapi saya melakukan percobaan dan saya benar-benar gembira bahwa saya punya kaki untuk bisa mencapai finish,” kata Konrad yang sudah unggul sendirian sejak 30 kilometer menjelang finish tersebut.

“Ini adalah kemenangan pertama saya di world tour dan ini adalah balap sepeda terbesar di dunia, jadi saya tidak bisa bilang apa-apa. Saya super, super gembira.”

Adapun jersey kuning sebagai simbol pemimpin klasemen umum masih bertahan di badan pembalap asal Slovenia, Tadej Pogacar. Sang juara bertahan telah mengenakan jersey kuning dalam sembilan etape terakhir sejak mengambil alih posisi dari Mathieu Van Der Poel pada etape kedelapan.

Total, Tadej Pogacar mencatatkan waktu enam jam 23 menit enam detik, unggul 5,18 detik dari Rigoberto Uran di posisi kedua dan lima menit 32 detik dari Jonas Vingegaard di posisi ketiga.

Kini, Tour De France 2021 tinggal menyisakan lima etape lagi dari total 21 etape. Hari ini, Rabu (14/7), para pembalap akan menempuh rute pegunungan dari Muret ke Saint-Lary-Soulan yang masih berada di kawasan Col De Portet dengan jarak tempuh sejauh 178,4 kilometer.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *