Legenda Atletik Indonesia Eduardus Nabunome Tutup Usia

Legenda atletik Indonesia, Eduardus Nabunome, mengembuskan napas terakhir pada Senin (12/10) malam WIB di RS Medistra Jakarta.

Eduardus menderita penyakit jantung dan dikabarkan sudah menjalani rawat inap sejak Minggu (11/10).

Eduardus juga pernah menjalani rawat inap pada 2017 lantaran penyumbatan aliran darah ke jantung.

Sosok asal Nusa Tenggara Timur tersebut merupakan atlet lari jarak menengah dan jarak jauh Indonesia di berbagai ajang internasional.

Salah satu catatan spesial yang ditorehkan Eduardus adalah enam emas dan lima perak dalam pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 1985-1999 dengan catatan absen pada 1993 dan 1995 karena cedera.

Nomor andalan Eduardus adalah lari 5.000 meter, 10.000 meter, dan lari maraton. Tak hanya enam emas di SEA Games, Eduardus juga memiliki koleksi lima perak dari ajang SEA Games.

Di luar torehan SEA Games, Eduardus juga mengoleksi beragam prestasi dan rekor di berbagai kejuaraan nasional dan kejuaraan single event internasional.

Setelah pensiun, Eduardus turut membina klub atletik miliknya Eduard Athletic Club.

Selain itu Eduardus juga menjadi pelatih pemusatan latihan daerah lapis dua di Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) DKI Jakarta. Sebelumnya juga sempat melatih di Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) di bawah dinas olahraga daerah DKI.

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Batamnews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *