Kabar Soal Stimulus, Bikin Bursa Asia Bergerak Bervariasi

Bursa saham Asia pada Selasa (13/10/2020) terpantau bervariatif, namun mayoritas dibuka di zona hijau, seiring dari kenaikan yang pesat di Bursa Amerika Serikat (AS), Wall Street pada penutupan Senin (12/10/2020) waktu AS.

Tercatat indeks Nikkei Jepang dibuka menguat 0,31%, Shanghai China turun 0,16% STI Singapura terapresiasi 0,11% dan KOSPI Korea Selatan menguat 0,45%.

Beralih ke Wall Street, tiga indeks utama ditutup menguat, bahkan lumayan tajam. Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 0,88%, S&P 500 melesat 1,64%, dan Nasdaq Composite meroket 2,56%.

Kabar soal stimulus fiskal di AS masih menjadi sentimen utama yang mendorong bursa saham New York. Kini kembali muncul harapan Gedung Putih dan Capitol Hill bisa menemukan kata sepakat.

Pemerintah berencana menambah nilai paket stimulus dengan memasukkan sisa dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang tidak terpakai. Jumlahnya sekitar US$ 130 miliar. Namun penggunaan dana ini perlu persetujuan Kongres, terutama dari kubu Demokrat.

Pemerintah berharap pihak Demokrat di Kongres mau bekerja sama dengan menurunkan ekspektasi nilai paket stimulus. “Pendekatan semua atau tidak sama sekali bukan sebuah pilihan yang dapat diterima oleh rakyat AS,” tegas surat yang ditulis Menteri Keuangan AS, Mnuchin kepada Ketua DPR AS, Pelosi dan Chuck Schumer (Pimpinan Demokrat di Senat), seperti dikutip dari Reuters.

Selain itu, sepertinya pelaku pasar mulai mengambil posisi karena sepertinya peluang kemenangan Joseph ‘Joe’ Biden dalam pemilihan presiden (pilpres) AS semakin besar.

Jajak pendapat yang digelar Reuters dan Ipsos per 6 Oktober menunjukkan, 44,2% calon pemilih akan memberikan suara bagi Biden jika pilpres dilakukan sekarang. Suara yang memilih sang petahana Donald Trump hanya 37,1%.

Pelaku pasar melihat ada satu kebijakan Biden yang bakal mencolok dibandingkan Trump, yaitu dalam hal perdagangan. Saat Biden, kemungkinan, jadi presiden Negeri Adidaya, maka perang dagang dengan berbagai negara (terutama China) akan selesai.

Jadi satu risiko besar di perekonomian dunia, yaitu perang dagang, bisa dicoret dari daftar. Ekonomi pun bisa lebih stabil.

Pelaku pasar juga sedang memonitor perkembangan pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan jumlah pasien positif corona di seluruh negara per 12 Oktober 2020 mencapai 37.423.650 orang. Bertambah 307.403 orang (0,83%) dibandingkan sehari sebelumnya.

Eropa masih menjadi pusat perhatian karena Benua Biru menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan. Per 12 Oktober, jumlah pasien positif corona tercatat 7.011.756 orang. Bertambah 87.100 orang (1,26%) dibandingkan sehari sebelumnya.

Dalam 14 hari terakhir (29 September-12 Oktober), rata-rata pasien baru bertambah 88.829 orang per hari. Melonjak dibandingkan 14 hari sebelumnya yaitu 63.343 orang.

Pertumbuhan kasus juga mengalami percepatan. Dalam dua pekan terakhir, rata-rata jumlah pasien baru bertambah 1,4% per hari. Lebih cepat ketimbang dua pekan sebelumnya yaitu 1,2%.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *