Kampanye Pengganti PM Jepang Shinzo Abe Dimulai

Kampanye untuk mencari pengganti Perdana Menteri, Shinzo Abe, telah dimulai di Jepang pada Selasa (8/9).

Ketua Sekretaris Kabinet Yosihide Suga (71), secara resmi mengajukan pencalonannya untuk kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) pada pekan lalu.

Suga menghadapi dua pesaing yang lebih muda, yakni mantan Menteri Pertahanan, Shigeru Ishiba, dan mantan Menteri Luar Negeri, Fumio Kishida. Keduanya berusia 63 tahun.

Mengutip Associated Press, siapa pun pemenang dalam pemungutan suara yang akan digelar pada 14 September mendatang, dia akan menjadi perdana menteri berikutnya.

Suga adalah sosok yang disukai di kalangan kelas berat partai sebagai kandidat terbaik untuk melanjutkan kebijakan Abe. Survei opini di surat kabar juga menunjukkan popularitas Suga telah melampaui popularitas Ishiba di kalangan publik.

Suga berjanji untuk menjalankan tantangan yang ditinggalkan oleh Abe, termasuk langkah-langkah terkait pengendalian virus corona, dampak ekonomi, dan mengejar aliansi keamanan Jepang-Amerika Serikat.

Ishiba, yang sudah sejak lama dipandang sebagai pesaing Abe, memperebutkan kepemimpinan partai untuk keempat kalinya.

Dia menyerukan perubahan pada langkah-langkah ekonomi Abenomics untuk lebih memfokuskan dukungan kepada usaha kecil, masyarakat berpenghasilan rendah, dan di daerah pedesaan.

Sementara itu, Kishida yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kebijakan Partai, mengatakan dia berusaha menjadi pemimpin yang lebih hati-hati untuk mendengarkan suara rakyat daripada yang dilakukan Abe. Dia juga memprioritaskan kebijakan ekonomi untuk mengatasi kesenjangan.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar :CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *