Pertumbuhan Ekonomi Yunani Minus 15 Persen Terpukul Corona

Virus corona memberikan pukulan besar kepada perekonomian Yunani. Data resmi menunjukkan produk domestik bruto (PDB) minus 15,2 persen.

“Pandemi covid-19 dan langkah-langkah pembatasan yang membuat produk domestik bruto (PDB) turun 15,2 persen pada kuartal kedua dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” papar Badan Statistik Negara dikutip dari AFP, Jumat (4/9).

Selain PDB, ekspor tercatat turun hampir sepertiga dan konsumsi anjlok.

Konfederasi pariwisata Yunani (STE) memperingatkan bulan lalu bahwa pendapatan pariwisata akan jauh dari pemasukan yang diharapkan sebesar 5 miliar euro atau setara dengan US$6 miliar.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis telah memperingatkan bahwa Yunani akan jatuh ke dalam resesi yang dalam tahun ini sebelum pulih kembali pada 2021.

Bank of Greece memperkirakan ekonomi akan berkontraksi sebesar 5,8 persen pada 2020, sedangkan perkiraan Dana Moneter Internasional lebih pesimis, yakni kontraksi 10 persen.

Sebagai perbandingan, aktivitas bisnis turun 7,1 persen pada 2011, penurunan tahunan terbesar selama krisis utang Yunani selama satu dekade.

Yunani membuka kembali perbatasan mulai 1 Juli untuk mengurangi kerusakan pada sektor pariwisata.

Namun, kasus virus corona melonjak pada Agustus. Lebih dari 10.500 kasus tercatat sepanjang Agustus. Para pejabat menyalahkan lonjakan infeksi karena pelanggaran aturan jarak sosial di restoran, bar, dan pertemuan publik.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *