Sepeda Masuk Tol, Komunitas Minta Anies Utamakan Keselamatan

Komunitas pesepeda Jakarta Cycling Community (JKTCC) berharap Gubernur DKI Anies Baswedan tak asal membuat aturan terkait usul sepeda masuk Tol Dalam Kota. Mereka meminta Anies juga perlu memikirkan aspek keselamatan pesepeda dan dituangkan dalam aturan.

Koordinator JKTCC Ario Pratomo mengatakan pihaknya menyambut baik niatan Pemprov DKI. Namun ia berharap keselamatan para pesepeda tetap jadi prioritas utama.

“Jangan sekadar terus masang tali cone, buka sini, buka sana, ya enggak begitu juga sih. Niatnya kita sambut baik karena Pemprov sudah memikirkan keberadaan pesepeda, tentu itu positif,” kata Ario saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (27/8).

Ario mengatakan jalur sepeda di tol harus benar-benar terbebas dari kendaraan bermotor. Ia berharap ada jalur khusus untuk sepeda yang dipisahkan dari jalur kendaraan lainnya.

Selain itu, Ario menyarankan Pemprov DKI untuk mengecek kelayakan jalan tol untuk sepeda. Sebab menurutnya, jalan yang layak untuk kendaraan bermotor belum tentu aman untuk sepeda.

“Kalau tiba-tiba ada lubang, sambungan jalan yang terlalu lebar, itu mesti dicari solusi. Karena sambungan jalan buat mobil-motor no problem, tapi bisa jadi problem buat sepeda,” tuturnya.

Dia menilai bagian jalan tol yang berupa jalan layang (flyover) jadi titik paling rawan bagi pesepeda. Ario menyarankan Pemprov menggandeng komunitas pesepeda untuk memastikan keamanannya.

“Ada baiknya survei gabungan, mungkin dari pesepeda ada, dari Pemprov juga ada, Kementerian PUPR, Dishub, polisi. Sama-sama kita goes, saling cek ini oke enggak,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengaku pihaknya saat ini belum bisa merespons kebijakan sepeda masuk tol.

Sambodo mengatakan pihaknya memang berencana mengkaji aspek keselamatan pesepeda di jalan tol. Namun hal itu baru akan dilakukan usai ada kesepakatan antara Pemprov DKI dengan Kementerian PUPR.

“Saya menunggu tanggapan dari Kementerian PUPR apakah [rencana road bike melintas di jalan tol] diizinkan atau tidak,” kata Sambodo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (27/8).

Sebelumnya, Pemprov DKI menggagas rencana sepeda masuk tol. Rencana itu kini dalam tahap pembahasan dengan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut tol yang akan digunakan adalah Tol Dalam Kota Jakarta. Jalur itu terbentang sekitar 10 kilometer hingga 12 kilometer dari ruas Kebon Nanas sampai ke arah Tanjung Priok.

Syafrin bilang kebijakan ini rencananya bakal dilakukan di hari Minggu pukul 06.00 hingga pukul 09.00. Petugas juga akan menyiapkan pembatas dengan menggunakan traffic cone.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *