Arab Saudi Izinkan Salat Iduladha di Masjid

Arab Saudi mengonfirmasi bahwa jamaah akan diizinkan untuk melakukan salat Iduladha di masjid-masjid tertentu. Namun pihak masjid harus memastikan bahwa langkah-langkah pencegahan pandemi covid-19 sudah ada.

Sebelumnya jamaah tidak akan diizinkan untuk melakukan salat Iduladha dengan alasan terbuka tahun ini. Hari pertama Iduladha kemungkinan akan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri kerajaan juga telah mengumumkan bahwa masuknya jamaah ke situs suci Mina, Muzdalifah dan Arafat tanpa izin akan dilarang dari 18 Juli hingga tanggal 12 Dzhulijjah yang diharapkan akan jatuh pada 2 Agustus.

“Denda 10.000 riyal atau sekitar Rp38 juta akan dikenakan pada pelanggar, dan berlipat ganda jika diulangi,” ujar pihak Kementerian Haji Arab Saudi, yang dikutip Saudi Press Agency, Kamis 16 Juli 2020.

“Semua warga harus mematuhi instruksi mengenai musim haji tahun ini. Pejabat keamanan akan memantau semua jalan menuju situs suci untuk mencegah masuk tanpa izin,” imbuh pihak kementerian.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Arab Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif membahas langkah-langkah pengaturan haji tahun ini. Ketua Komite Tertinggi Haji itu juga membahas tentang pencegahan terkait covid-19.

Memimpin pertemuan virtual pada Rabu 15 Juli dengan para kepala lembaga keamanan dan pejabat yang bertanggung jawab atas musim haji tahun ini, Pangeran Abdul Aziz memberikan arahan ibadah haji di tengah pandemi virus korona.

Ini termasuk langkah-langkah pencegahan dan pencegahan terkait dengan memerangi penyakit virus korona, prosedur yang berkaitan dengan jemaah yang bepergian ke tempat-tempat suci, dan mekanisme untuk memfasilitasi melakukan ritual haji.

Bulan lalu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk melanjutkan haji, tetapi hanya akan memperbolehkan sejumlah jamaah yang sudah berada di dalam Arab Saudi dan tidak bisa keluar karena wabah covid-19. Sekitar 1.000 jemaah haji asing hanya diperbolehkan tahun ini.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : BataraNews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *