Tiongkok Buka Kantor Keamanan Nasional di Hong Kong

Pemerintah Tiongkok mengubah sebuah hotel menjadi kantor keamanan nasional di Hong Kong, Rabu 8 Juli 2020. Pembukaan kantor ini dilakukan sepekan usai Tiongkok mengadopsi Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong.

“Kantor untuk Perlindungan Keamanan Nasional Pemerintah Rakyat Pusat di Hong kong telah diresmikan pada Rabu pagi,” tulis laporan di kantor berita Xinhua.

Hotel yang diubah Tiongkok menjadi kantor keamanan nasional ini adalah Metropark Hotel. Hotel ini berada di area sekitar Victoria Park.

Plakat bertuliskan nama kantor keamanan telah diumumkan di hari yang sama di hadapan jajaran pemerintahan dan kepolisian Hong Kong. Polisi memblokade area sekitar hotel dan mengelilinginya dengan penghalang jalan.

Sebuah bendera Tiongkok juga dikibarkan di luar kantor tersebut, sementara plakat bertuliskan nama agensi tersebut sudah dipasang sejak Selasa malam.

Beijing mengadopsi UU Keamanan Nasional Hong Kong pekan lalu. UU tersebut mengatur mengenai tindakan subversi, pemisahan diri, terorisme, dan kolusi dengan kekuatan asing.

UU Keamanan Nasional tersebut merupakan perubahan paling radikal dalam bidang kebebasan dan otonomi Hong Kong sejak Inggris menyerahkan kota tersebut ke Tiongkok pada 1997.

Konten UU Keamanan Nasional dirahasiakan hingga proses peresmian melalui badan legislatif Hong Kong.

Sejumlah pihak khawatir UU Keamanan Nasional Hong Kong dapat mengikis otonomi dan kebebasan di Hong Kong. Namun Tiongkok menegaskan UU tersebut didesain untuk melindungi dan mensejahterakan masyarakat Hong Kong.

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *