Para Calon Moderator Debat Pilpres, dari Najwa hingga Alfito

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merilis nama-nama calon moderator untuk debat pertama sampai kelima pada Pilpres 2019.

Menariknya, dari lima debat tersebut semua moderator adalah para praktisi media, utamanya dari dunia televisi.

Enam nama itu didapatkan KPU berdasarkan kesepakatan para pemimpin redaksi media massa elektronik. Nama-nama yang muncul adalah Najwa Shihab, Alfito Deannova, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Tommy Tjokro, dan Kania Sutisnawinata.

Nama-nama calon moderator tersebut sudah disetujui KPU. Namun, KPU belum dapat menentukan siapa moderator yang akan memimpin jalannya debat pertama sampai kelima.

“Terakhir nanti akan rapat tanggal 28 Desember, hari Jumat pukul 13.30 WIB untuk memutuskan moderator debat,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman kantor penyelenggara pemilu tersebut, Jakarta, Rabu (26/12).

Arief menerangkan hal tersebut di hadapan perwakilan dari setiap pemimpin redaksi media yang hadir pada Pengundian dan Penetapan Penyiaran Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Tahun 2019 di Ruang Sidang Utama KPU RI kemarin.

Acara tersebut di antaranya dihadiri Ketua KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, Sekretariat Bawaslu RI Haryo Sudrajat, serta sejumlah pemimpin redaksi media massa elektronik.

Selain itu, hadir pula perwakilan peserta Pilpres 2019 yakni dari Tim Kemenangan Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selain menentukan masing-masing moderator debat, KPU pun bakal memutuskan tanggal debat yang kelima dan format sosialisasi visi misi pasangan calon presiden dan wakil presiden pada 9 Januari 2019.

Enam nama yang dimunculkan sebagai moderator debat memang dikenal sebagai presenter berita televisi.

Najwa Shihab yang kini menggawangi Narasi TV merupakan mantan Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV. Perempuan yang karib disapa Nana itu dikenal dengan acara bincang-bincang Mata Najwa yang kini kerap disiarkan di Trans 7.

Selanjutnya, Alfito Deannova kini berkarier di CNNIndonesia TV itu pernah meniti karier di TV One, dan Liputan 6 di SCTV.

Ira Koesno adalah mantan presenter berita di Liputan 6 SCTV. Setelah tak lagi menjadi presenter berita, Ira kini diketahui membangun konsultan humas: Irakoesnocommunications.

Lalu Bayu Sutiyono adalah presenter berita di Kompas TV sejak 2015 silam. Sebelumnya, ia dikenal meniti karier jurnalisnya dari Liputan 6 SCTV.

Berikutnya adalah Tommy Tjokro. Mantan presenter berita di Metro TV itu kini diketahui menjadi presenter di RCTI.

Terakhir adalah Kania Sutisnawinata. Mantan jurnalis Bloomberg TV itu kini dikenal sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV.

Pada acara pengundian dan penentuan penyiaran debat pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, diputuskan untuk debat pertama akan disiarkan langsung di TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV.

Debat pertama akan mempertemukan antar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 dan 02. Dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara Cawang, dengan tema Hukum, HAM dan Terorisme.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnn indonesia
Gambar : Media Indonesia

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *