Ekonomi Eropa Mulai Menggeliat Usai Pandemi Corona

Ekonomi Prancis mulai tumbuh hingga mencapai US$3 triliun pada Juni. Pertumbuhan ini terjadi untuk pertama kali sejak anjlok pada Februari lalu karena pandemi virus corona.

Pasalnya, pandemi covid-19 membuat seluruh dunia terpaksa melakukan pembatasan wilayah dan lockdown di beberapa lokasi. Penutupan dan pembatasan ini membuat perekonomian berhenti bergeliat.

Konsumsi domestik pun anjlok, tidak hanya di Eropa namun di seluruh dunia. Namun, untuk pertama kalinya, konsumsi domestik Prancis mulai bangkit di tengah pandemi corona yang masih berlangsung.

Dikutip dari CNNBusiness, dalam Indeks Manajer Pembelian (IPM) yang merangkum aktivitas sektor manufaktur dan jasa mencatat ada lonjakan menjadi 51,3 pada Juni. Angka tersebut naik dari 32,1 pada Mei.

Indeks di atas 50 mengindikasikan ada ekspansi. Kepala Ekonom IHS Markit Chris Williamson mengungkap Prancis nampaknya memimpin pemulihan terutama dari perspektif manufaktur.

“Apa yang dilihat dari semua pemulihan ekonomi adalah bahwa setiap pertumbuhan kembali dipicu oleh permintaan domestik,” kata Williamson, Rabu (24/6).

Dia menunjuk pada rebound di China sebagai contoh. “Jika Anda memiliki sektor manufaktur berorientasi ekspor, yang merupakan kasus di Jerman, maka hal tersebut bisa menjadi peredam dan bangkit,” tambahnya.

Pada Maret lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa tidak ada perusahaan Prancis, berapa pun ukurannya, akan dibiarkan runtuh karena pandemi. Pemerintah akan menghabiskan hampir US$521 miliar untuk membantu perekonomian pulih.

Ekonomi terbesar Eropa pun telah mengurangi pembatasan karena pandemi corona sejak Juni. Pengurangan pembatasan ini memungkinkan banyak perusahaan untuk membuka kembali dan mendorong peningkatan permintaan barang dan jasa.

PMI komposit awal untuk negara-negara yang menggunakan euro melonjak ke 47,5 pada Juni, dari rekor terendah 13,6 pada April dan 31,9 pada Mei.

“Aktivitas ekonomi luas di seluruh Eropa tampaknya lebih baik daripada yang kami harapkan untuk tahap pemulihan sejak akhir Maret,” kata ekonom Berenberg dalam sebuah catatan kepada klien.

Sementara output terus turun di manufaktur dan jasa, tingkat kontraksi melambat secara signifikan. Kehilangan pekerjaan juga moderat, tetapi jumlah karyawan di pabrik terus turun.

“Output dan permintaan masih turun tetapi tidak lagi runtuh. Kenaikan PMI menambah harapan bahwa pencabutan pembatasan menjadi kuncian dan membantu mengakhiri penurunan menuju musim panas,” tambah Williamson.

Namun, Williamson memperingatkan bahwa pembacaan PMI di sekitar level 50 hanya menunjukkan stabilisasi dalam perekonomian.

“Ini bukan bisnis yang kembali normal. Tingkat telah dihancurkan dibandingkan dengan apa yang mereka lakukan sebelum pandemi melanda,” katanya.

PDB Uni Eropa masih diperkirakan akan mengalami penurunan tajam pada kuartal kedua, setelah kontraksi terdalam dalam catatan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

“Data PMI hari ini memberikan sedikit jaminan bahwa ekonomi akan bangkit kembali. Tetapi dengan beberapa pembatasan masih ada dan kekhawatiran gelombang kedua akan bertahan lama, akan diperlukan beberapa saat sebelum aktivitas kembali ke tingkat pra-virus,” kata mereka dalam sebuah catatan penelitian.

Menurut riset IHS Markit, beberapa bisnis masih melaporkan permintaan yang melemah, karena pelanggan mengadopsi pendekatan yang hati-hati terhadap pengeluaran.

Williamson dari IHS Markit memperkirakan ekonomi Eropa akan membutuhkan waktu tiga tahun untuk pulih.

 

 

 

 

 

Sumber: cnnindonesia.com
Gambar: CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *