Bioskop Indiskop Gelar Festival Film Online kala Pandemi

Bioskop rakyat Indiskop bakal mengadakan festival film online pada 27 Juni hingga 31 Agustus mendatang dan disebut sebagai respons kreatif atas situasi pandemi yang terjadi di Indonesia.
CEO Indiskop Marcella Zalianty mengatakan bahwa acara “Indiskop Festival” yang mengusung tema ‘Indonesia Bangkit’ ini diinisiasi untuk mendorong generasi muda tetap produktif dan kreatif di tengah masa pandemi Covid-19.

“Indiskop ini didirikan pada 2019 sebagai bentuk kepedulian pada ekosistem perfilman dengan mendukung pertambahan layar bioskop yang dapat dinikmati seluruh lapisan. Dan sekarang dengan program online ini mudah-mudahan inspiratif,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/6).

“Festival ini pun menjadi respons kreatif terhadap situasi pandemi Covid-19, di mana bertujuan tidak sebagai medium entertaining tetapi juga literasi,” tambahnya.

Nantinya, rangkaian acara dalam Indiskop Festival disebut termasuk kelas-kelas oleh sineas berpengalaman, kompetisi film pendek, acara bincang-bincang, serta pemutaran film secara streaming.

Beberapa sineas yang akan terlibat dalam kelas tentang film atau Indisclass di antaranya ada Angga Dwimas Sasongko, Ifa Isfansyah, Garin Nugroho, Andi Pulung, Shesa K, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Ray Sahetapi, dan sebagainya.

“Film-film yang akan diputar adalah yang bertemakan Indonesia, termasuk yang mengusung kisah-kisah dari berbagai daerah dan keberagaman. Pemilihannya sejalan dengan perayaan HUT RI ke-75 pada Agustus nanti,” ungkap Marcella.

Sementara untuk kompetisi film pendek, pihak penyelenggara mencantumkan sejumlah syarat. Salah satunya yakni mengusung tema “Dari Rumah untuk Indonesia” yang mengangkat kisah-kisah kreatif, menarik dan unik yang dapat menginspirasi masyarakat dan berbagi pengalaman selama masa pandemi.

Marcella akan bertindak langsung sebagai juri bersama Sutradara Hanung Bramantyo serta Pengamat Film Hikmat Darmawan. Para pemenang kelak akan mendapat hadiah berupa uang tunai berjumlah total Rp45 juta.

Indiskop Festival berlangsung mulai 27 Juni mendatang, dan dibuka dengan kelas yang dipandu oleh Angga Sasongko bertajuk ‘Film Business.’

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *