Data Pengangguran AS di Luar Prediksi, Wall Street Bergerak Datar

Saham berjangka AS bergerak sedikit lebih tinggi pada hari Kamis malam setelah para pedagang bergulat dengan data pengangguran yang mengecewakan dan meningkatnya kasus virus virus corona.

Dikutip dari laman CNBC, Jumat (19/6/2020), Dow Jones Industrial Average berjangka naik 30 poin, atau 0,1 persen. S&P 500 dan Nasdaq-100 futures juga tepat di atas garis datar.

Dow ditutup tepat di bawah garis datar selama sesi, sementara S&P 500 dan Nasdaq menunjukkan kenaikan kecil. Rata-rata utama berkisar antara keuntungan dan kerugian untuk sebagian besar perdagangan. Pada satu titik, Dow telah jatuh lebih dari 270 poin.

Klaim pengangguran awal A.S total 1,5 juta untuk minggu lalu, melampaui estimasi indeks saham Dow Jones 1,3 juta.

“Jumlah klaim pengangguran baru turun untuk minggu kesebelas berturut-turut tetapi minggu ini, peningkatannya jauh lebih kecil bahkan dibandingkan dengan angka revisi ke atas minggu lalu,” kata Ken Berman dari Gorilla Trades.

“Sementara laporan pekerjaan bulan Mei jauh lebih baik dari yang diharapkan, indikator terkait pekerjaan bulan ini jauh dari harapan, dan itu bisa berarti bahwa laju pemulihan melambat,” tambahnya.

Kasus Virus Corona Naik

Sementara itu, jumlah kasus virus corona terus meningkat di bagian-bagian tertentu dari Texas, California, Arizona, dan Florida, semuanya melaporkan peningkatan terbesar dalam satu hari.

Beberapa investor khawatir bahwa kebangkitan dalam kasus virus corona dapat menyebabkan negara mengambil langkah-langkah karantina yang lebih ketat untuk mengekang penyebaran, sehingga menggagalkan harapan pemulihan ekonomi yang lancar. Yang pasti, peningkatan itu terjadi saat negara bagian meningkatkan pengujian.

“Reli beberapa bulan terakhir mungkin telah menyebabkan saham mencapai dalam jarak yang sangat dekat dengan rekor tertinggi, tetapi investor berjuang untuk merekonsiliasi momentum naik dan pesan yang kurang optimis tentang bulan-bulan mendatang,” kata Lindsey Bell, kepala strategi investasi di Ally Invest.

“Itu, bersama dengan kekhawatiran tentang gelombang kedua coronavirus dan ketegangan geopolitik, telah menyebabkan beberapa keraguan serius,” lanjut dia.

Dow, S&P 500 dan Nasdaq Composite menuju ke sesi Jumat dengan langkah untuk kenaikan mingguan keempat dalam lima minggu. Dow naik 1,9 persen minggu hingga hari ini melalui penutupan Kamis sementara S&P 500 telah naik 2,4 persen pada waktu itu. Nasdaq telah naik lebih dari 3 persen selama periode waktu itu.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Pasardana

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *