Pertamina Targetkan Subholding Segera Melantai di Bursa

PT Pertamina (Persero) menargetkan subholding hulu dapat segera melakukan initial public offering (IPO) atau melantai di bursa. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan target tersebut dilakukan menyusul permintaan Menteri BUMN Erick Thohir agar subholding Pertamina melantai di bursa dalam dua tahun ke depan.

Ia juga menyampaikan IPO subholding hulu, yang operasionalnya berada di bawah Pertamina Hulu Energi (PHE), itu mempertimbangkan besarnya kebutuhan pendanaan dalam pengembangan potensi bisnis.

Salah satunya, Blok Rokan yang diserahkan pengelolaannya kepada Pertamina usai masa kontrak Chevron Pacific Indonesia rampung pada 2021. “Untuk Rokan ketika ditetapkan sebagai pemenang (lelang), Pertamina harus berpartner. Jadi Pertamina harus melepas sebagian PI (participating interest). Kami kan lakukan itu,” ujar Nicke dalam diskusi virtual, Senin (15/6).

Dengan melakukan IPO, lanjut Nicke, PHE juga dapat mengembangkan banyak aset di hulu yang membutuhkan biaya besar. Pertamina sendiri menargetkan agar ke depannya 60 persen investasi bisa difokuskan untuk pengembangan sektor hulu.

“Investasi di Pertamina untuk hulu karena tren migas cenderung menurun, jadi kami akan banyak melakukan akuisisi hulu,” imbuhnya.

Selain itu, Nicke menyebut pembentukan subholding hulu juga bertujuan untuk memangkas hambatan perusahaan dalam melakukan kegiatan eksplorasi oleh anak usaha.

Sebab selama ini keterlambatan eksplorasi dikarenakan banyaknya anak usaha hulu tidak saling bersinergi. “Sehingga nanti resources bisa disinergikan, dan peralatan tidak lagi sendiri-sendiri,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *